Relevansi Kandungan Kitab Washaya Al- Aba' Li Al-Abna' Karangan Syeikh Muhammad Syakir Dengan Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0

Wulandari, Syafitri Novita (2022) Relevansi Kandungan Kitab Washaya Al- Aba' Li Al-Abna' Karangan Syeikh Muhammad Syakir Dengan Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180452_SYAFITRI NOVITA WULANDARI _PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Syafitri Novita. 2022. Relevansi Kandungan Kitab Washaya Al- Aba’ Li Al- Abna’ Karangan Syeikh Muhammad Syakir Dengan Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.
Kata Kunci : Kandungan Kitab Washaya, Revolusi Industri Era 4.0
Penelitian ini memiliki urgensi bahwa di dalam kehidupan sehari- hari perlu diterapkan pendidikan akhlak. Oleh karena itu perlu untuk memahami, mempelajari serta menerapkan pendidikan akhlak kehidupan modern saat ini yang sangat begitu dibutuhkan dalam menghadapi perubahan zaman. Apalagi pada dunia pendidikan yang kurang adanya keseimbangan antara aspek spiritual dan material. Maka akhlak perlu dirancang ulang dan dikemas kembali pada suatu wadah yang lebih spesifik dan lebih bermakna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kandungan kitab Washaya al- Aba’ li al- Abna’ karangan Syeikh Muhammad Syakir (2) perkembangan revolusi industri 4.0 (3) relevansi akhlak dalam kitab Washaya al- Aba’ li al- Abna’ karangan Syeikh Muhammad Syakir dengan era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan Content Analysis. Penerapan tersebut, kemudian menguraikan data- data terkait biografi pengarangnya, baik beberapa karya yang dibuatnya, backgroundnya maupun konteks sosial ketika teks tersebut dibuat. Selanjutnya setelah proses content analysis untuk menelaah kandungan yang ada dalam kitab Washaya, penulis memadukan kandungan isi dalam kitab dengan perkembangan akhlak di era revolusi industri 4.0 .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Washaya Al- Abaa’ Lil Abnaa’ mengandung pembelajaran akhlak yang menjurus pada penegakan moral. Dari 20 bab yang telah dijelaskan, hanya terdapat 2 bab yang memfokuskan pembahasannya pada selain sosial. Akan tetapi kandungan isinya memuat 3 hal terkait tanggung jawab manusia untuk memenuhi akhlaknya yaitu tanggung jawab terhadap Allah secara individu, tanggung jawab terhadap manusia secara individu, serta tanggung jawab individu terhadap alam dan lingkungan.
Apabila dikaitkan dengan perkembangan akhlak di era revolusi industri 4.0, maka pendidikan akhlak dalam kitab Washya masih sangat relevan diterapkan pada masa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi serta masukan bagi para mahasiswa, para tenanga pengajar, para peneliti dan semua pihak yg terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:00
Last Modified: 13 Jun 2022 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18796

Actions (login required)

View Item View Item