Integrasi Program Adiwiyata Dengan Dimensi Manajerial Sekolah di SMPN 1 Ponorogo

Sulastri, Sulastri (2022) Integrasi Program Adiwiyata Dengan Dimensi Manajerial Sekolah di SMPN 1 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
sulastri MPI (502200029).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sulastri,Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya sikap kurang peduli lingkungan dikalangan masyarakat terutama kaum remaja. Dalam hal ini peran sekolah sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter peduli lingkungan siswa, untuk menyikapi hal tersebut sekolah mengimplementasikan program adiwiyata. Namun dalam menerapkan program tersebut sekolah harus mampu mengintegrasikan program adiwiyata dengan seluruh aspek manajerial sekolah agar semua terlaksana dengan lancar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan latar belakang sekolah menerapkan adiwiyata, untuk menguraikan implikasi adiwiyata terhadap aspek manajerial sekolah, serta untuk mengetahui cara sekolah dalam menyinkronisasikan program adiwiyata dengan aspek manajerial sekolah.
Temuan yang diperoleh, dalam melaksanakan program adiwiyata dilatarbelakangi oleh adanya instruksi dari dinas pendidikan, maka dari itu adiwiyata di SMPN 1 Lembeyan bisa dikatakan sebagai bentuk kebijakan top down. Penerapan program adiwiyata berimplikasi pada dimensi manajerial sekolah yang bersifat penambahan, perubahan dan pengurangan. Upaya yang dilakukan sekolah dalam menyinkronisasi program adiwiyata dengan aspek manajerial sekolah dilakukan dengan beberapa bentuk diantaranya adalah dengan melakukan akulturasi, penempatan, identifikasi dan interaksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:02
Last Modified: 13 Jun 2022 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18795

Actions (login required)

View Item View Item