Manajemen Pembelajaran Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di MTs Negeri 3 Pacitan)

Pradana, Dandi Ardi (2022) Manajemen Pembelajaran Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di MTs Negeri 3 Pacitan). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502200007_DANDI ARDI PRADANA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.docx.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pramana, Dandi Ardi.Mewabahnya virus Covid-19 pada saat ini berdampak langsung terhadap proses pembelajaran di sekolahan. Pada saat ini pelaksanakan pembelajaran dilaksanakan secara online dan tanpa tatap muka. Selama pelaksanaan pembelajaran online ini muncul beberapa kendala seperti: kurang pahamnya peserta didik dengan materi pembelajaran, peserta didik menjadi kurang pengawasan dari guru, sumber belajar yang kurang, dan masih banyaknya peserta didik yang memiliki kekurangan pada media komunikasi dan sumber data internet. Setelah berjalannya waktu MTs Negeri 3 Pacitan memuculkan solusi dengan melaksanakan pembelajaran home visit pada masa pandemi Covid-19.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating), dan evaluasi (evaluating) dari pembelajaran berbasis home visit di MTs Negeri 3 Pacitan. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu melalaui proses kondensasi data (data condentation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verivikasi (conclution drawing and verification).
Dalam manajemen pembelajaran home visit di MTs Negeri 3 Pacitan dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan (planning) pembelajaran home visit pada masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 3 Pacitan ini direncanakan oleh kepala madrasah dan bapak/ibu guru sebagai alternatif solusi yang diambil oleh madrasah untuk mengatasi permasalahan pembelajaran daring yang dialami peserta didik MTs Negeri 3 Pacitan. Kemudian mulai tanggal 18 Februari 2021 pembelajaran home visit di MTs Negeri 3 Pacitan secara resmi dilaksanakan, 2) Pelaksanaan (actuanting) pembelajaran home visit pada masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 3 Pacitan ini sebagai tambahan metode pembelajaran yang diterapkan pada masa pandemi agar penyampaian materi pelajaran lebih baik dan hubungan antara guru dan peserta didik tetap baik. Pada pembelajaran home visit ini lebih memfokuskan pada review materi pelajaran yang diberikan sebelumnya pada saat pembelajaran online. 3) Evaluasi (evaluating) pelaksanaan pembelajaran home visit pada masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 3 Pacitan ini difokuskan pada pelaksanaan pembelajarannya. Evaluasi ini digunakan untuk menilai pelaksanaan pembelajaran home visit dan mengetahui permasalahan yang muncul ketika pelaksanaan pembelajaran seperti, jarak dan alat transportasi di daerah tertentu bermasalah, waktu pembelajaran yang singkat, kurangnya pemahaman materi peserta didik, peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, banyaknya tugas yang harus dikerjakan peserta didik, dan terdapat bapak/ibu guru yang berhalangan hadir. Untuk mengatasi permasalahan tersebut MTs Negeri 3 Pacitan melakukan peningkatan kualitas pembelajaran home visit dengan meningkatkan kinerja dari bapak/ibu guru.
Kata Kunci : Manajemen, Home Visit, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:57
Last Modified: 13 Jun 2022 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18794

Actions (login required)

View Item View Item