PERJANJIAN PERKAWINAN MENURUT PERATURAN MENTERI AGAMA RI NOMOR 19 TAHUN 2018 (Tinjauan Teori Peraturan Perundang-undangan)

Basyar, Anas Muhtadi (2022) PERJANJIAN PERKAWINAN MENURUT PERATURAN MENTERI AGAMA RI NOMOR 19 TAHUN 2018 (Tinjauan Teori Peraturan Perundang-undangan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Anas 210116014 HKI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Basyar, Muhtadi Anas. 2021. Perjanjian Perkawinan Menurut Peraturan Menteri Agama RI Nomor 19 Tahun 2018 (Tinjauan Teori Peraturan Perundang-undangan). Sikripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing: Anjar Kususiyanah, M. Hum.
Kata Kunci: Perjanjian Perkawinan, Peraturan Menteri Agama RI Nomor 19 Tahun 2018, Tinjauan Teori Peraturan Perundang-undangan.
Peraturan perihal perjanjian perkawinan telah ada sejak dari KUH Perdata dan sudah ada di negara Indonesia semenjak lama, namun sampai saat ini peraturan perjanjian perkawinan maupun erjanjian perkawinan itu belum dapat dikenal oleh banyak pihak khususnya di Kabupaten Ponorogo. Karena sampai saat ini, di Kabupaaten Ponorogo, belum ada satu pasanganpun yang telah membuatnya.
Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang perjanjian perkawinan dengan judul: Perjanjian Perkawinan Menurut Peraturan Menteri Agama RI Nomor 19 Tahun 2018 (Teori Pembuatan Peraturan Perundang-undangan). Adapun fokus penelitian tersebut adalah sebagai berikut: (1) bagaimana analisis filosofis perjanjian perkawinan menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018?. 2) Bagaimana analisis yuridis perjanjian perkawinan menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018?. 3) Bagaimana analisis sosiologis perjanjian perkawinan menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018?.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Library Research). Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah Peraturan Menteri Agama Nomor 19 tahun 2018, Buku Legal drafting karya dan Buku Hukum Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Sedangkan untuk sumber data sekundernya menggunakan beberapa buku penunjang, beberapa aturan pendukung dan beberapa jurnal maupun dokumen yang relevan dengan yang peneliti kaji.
Adapun penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: (1) Aspek filosofis dalam perjanjian perkawinan menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 19 tahun 2018 telah sesuai dengan nilai-nilai falsafah bangsa. (2) Secara yuridis, peraturan tentang perjanjian perkawinan yang dimuat oleh Peraturan Menteri Agama No. 19 Tahun 2018 sudah ideal dan sudah sesuai dengan teori pembentukan Peraturan Perundang-undangan. (3) Pengembangan peraturan tentang perjanjian perkawinan telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat namun belum dapat dikenali oleh masyarakat secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:04
Last Modified: 13 Jun 2022 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

View Item View Item