Pemikiran M. Quraish Shihab Tentang Pendidik Perempuan Dalam Buku "Perempuan" Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Konsep Pendidik Dalam Pendidikan Islam

Ningtias, Widya Wahyu (2022) Pemikiran M. Quraish Shihab Tentang Pendidik Perempuan Dalam Buku "Perempuan" Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Konsep Pendidik Dalam Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180235_WIDYA WAHYU N_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningtias, Widya Wahyu .pada hakikatnya perempuan menjadi pendidik utama di dalam keluargannya. Dengan melihat fenomena seperti itu maka mendapat perhatian penuh dari tokoh M. Quraish Shihab yaitu salah satu cendekiawan muslim yang mempunyai segudang karya salah satunnya yaitu karya yang berjudul “Perempuan”, di dalamnya membahas peran perempuan menjadi pendidik yang berasal dari sifat dan kemampuannya dalam mendidik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pemikiran M. Quraish Shihab tentang konsep pendidik perempuan dalam buku Perempuan, (2) menjelaskan kontribusi pemikiran M. Quraish Shihab terhadap pengembangan konsep pendidik dalam pendidikan Islam.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskripitif kualitatif model library research yaitu jenis penelitian yang berhubungan dengan data pustaka, yang memerlukan banyak informasi yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Jenis penelitian ini menggunakan library research. Data yang digunakan berupa data primer dari buku karya M. Quraish Shihab yang berjudul “Perempuan”. Sedangkan untuk data sekunder berupa buku-buku pendukung yang terkait dengan konsep pendidik perempuan dan pendidikan Islam. Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Adapun hasil penelitian ini: (1) M. Quraish Shihab merumuskan peran pendidik perempuan berdasarkan apa yang sudah menjadi sifat dalam diri perempuan tersebut yaitu: (a) Sebagai model dan pembentuk pendidikan agama anak, (b) sebagai pembentuk kemandirian agar anak tidak selalu bergantung kepada orang lain, (c) sebagai pembentuk karakter anak melalui pembiasaan sehari-hari yang dilakukan, (d) memiliki sifat sabar dan adil dalam menghadapi karakter anak yang berbeda-beda, (e) memiliki inner beauty yang baik dari jasmani maupun rohani, (f) memiliki kasih sayang dalam proses bimbingan agar anak merasa nyaman, (g) memiliki sifat keibuan, merupakan atribut yang sudah melekat pada jiwa seorang perempuan sebagai karunia dari Allah SWT. (2) kontribusi yang diberikan M. Quraish Shihab terhadap pengembangan konsep pendidik dalam Pendidikan Islam yaitu (a) pendidik perempuan yang memiliki sifat sabar, adil dalam menghadapi sifat anak yang berbeda-beda dan pendidik perempuan sebagai pembentuk pendidikan keagaaman anak dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kompetensi personal-religius karena kompetensi ini berkaitan dengan kepribadian religius pendidik, (b) pendidik perempuan sebagai pembentuk kemandirian anak dapat memberikan kontribusi terhadap kompetensi sosial-religius karena berkaitan dengan kepedulian pendidik terhadap lingkungan sosial, (c) pendidik perempuan sebagai pembentuk karakter anak, memiliki sifat keibuan dan memiliki inner beauty yang baik dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kompetensi profesional-religus, kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan pendidik dalam menjalankan fungsinnya dengan baik, (d) pendidik perempuan yang memiliki kasih sayang kepada anak dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kompetensi pedagogik-religius yaitu kemampuan pendidik untuk memberikan pengajaran kepada anak dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahulul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:59
Last Modified: 13 Jun 2022 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item