PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN SIKAP EMPATI DAN KEPEDULIAN SOSIAL KELAS XI SMAN 1 SLAHUNG PONOROGO

Widiyani, Umi (2022) PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN SIKAP EMPATI DAN KEPEDULIAN SOSIAL KELAS XI SMAN 1 SLAHUNG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180037_UMI WIDIYANI_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Widiyani, Umi.2022. Peran Guru IPS dalam Menanamkan Sikap Empati dan Kepedulian Sosial
Kelas XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan
Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo.Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag.
Kata Kunci: Guru IPS, Sikap Empati, Kepedulian Sosial, Kelas XI
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan moral sebagai wahana dalam rangka
mampu mencetak generasi muda yang cerdas dan memiliki perilaku budi pekerti. Nilai-nilai
tradisional yang sangat menjunjung tinggi moralitas kini sudah bergeser seiring adanya impak
dari teknologi dan globalisasi. Realitanya di masa sekarang lebih merujuk pada keadaan euforia
terhadap teknologi dikhawatirkan akan memperparah kondisi pribadi seseorang menjadi sosok
individualis. Oleh karenanya, moralitas pada sikap peduli sosial dan empati sangat penting bagi
peserta didik. Selama pembelajaran berlangsung di SMAN 1 Slahung dijumpai beberapa siswa
kelas XI IPS yakni baik kelas XI IPS 1 maupun kelas XI IPS 2 yang tidak mendengarkan guru
ketika menerangkan materi. Hal tersebut juga diperkuat dan didukung oleh hasil wawancara yang
peneliti lakukan dengan Ibu Aprilia Candra Dewi selaku guru mata pelajaran Geografi kelas XI
IPS pada tanggal 24 Januari 2022 yang memberi respon bahwasannya terdapat beberapa siswa
yang kurang mendengarkan guru ketika menerangkan materi sehingga siswa yang kurang
mendengarkan tersebut akan mempengaruhi temannya yang lain.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peran guru IPS dalam menanamkan sikap
empati siswa kelas XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo. Selain itu, juga (2) untuk mengetahui
peran guru IPS dalam menanamkan kepedulian sosial siswa kelas XI di SMAN 1 Slahung
Ponorogo. Serta, (3) untuk mengetahui terkait kendala dan solusi guru IPS dalam menanamkan
sikap empati dan kepedulian sosial siswa kelas XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo. Rumusan
permasalahan yang akan dikupas oleh peneliti disini ialah (1) Bagaimana peran guru IPS dalam
menanamkan sikap empati siswa kelas XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo? (2) peran guru IPS
dalam menanamkan kepedulian sosial siswa kelas XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo? (3) Apa
kendala dan solusi guru IPS dalam menanamkan sikap empati dan kepedulian sosial siswa kelas
XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo?.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan metode kualitatif dan jenis penelitian berupa
field research. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Slahung Ponorogo. Penelitian ini
menghasilkan data bersifat deskriptif dimana tata cara penelitian yang menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang maupun perilaku yang dapat
diamati. Prosedur dalam pengumpulan data disini ialah melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan penelitian, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwasannya (1) Peran guru
IPS dalam menanamkan sikap empati kelas XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo, siswa IPS
khususnya yakni (a) sebagai pembimbing dan (b) sebagai pengarah yang mana seorang tenaga
pendidik tidak hanya mengajarkan materi namun juga mengintegrasikan pesan moral ke dalam
materi. seorang guru harus mampu mengajak dan mengingatkan siswa untuk bersikap baik
terhadap teman-temannya dengan menumbuhkan empati dan rasa mnghargai orang lain yang
mana dapat mencegah siswa dari tindakan buli. (2) Peran guru IPS dalam menanamkan
kepedulian sosial kelas XI di SMAN 1 Slahung Ponorogo yakni bergerak sebagai (a) Pengarah
dimana guru mengajak siswa agar berbaur dengan siswa lain, (b) Pembimbing dimana guru
mengajak siswa untuk membiasakan tolong-menolong, (c) Pengait dimana guru
mengintegrasikan materi dengaan fenomena yang ada, (d) Inisiator dimana guru mampu
menerapkan model pembelaajaran, (e) Suri tauladan dimana guru menjadi sosok panutan siswa
dalam membantu siswa-siswinya yang sedang mengalami kesulitan. (3) kendala dan solusi guru
IPS dalam menanamkan sikap empati dan kepedulian sosial kelas XI di SMAN 1 Slahung
Ponorogo, di dalam kendala meliputi (a) Faktor di lapangan atau lingkungan luar sekolah, (b)
Faktor teman atau teman sebaya,(c) Faktor teknologi dan infrormasi atau gadget, (d) Faktor siswa
yang bandel yang mana membuat siswa merasa acuh terhadap kondisi sekitarnya baik itu
terhadap siswa lain maupun terhadap guru yang sedang mengajarkan materi di depan kelas, (e)
Bosan dengan metode ceramah, (f) Faktor kurang efektifnya masuk sekolah shift atau sesi, (g)
Kurang mendukungnya sarana-prasarana. Sedangkan, solusi yang ditempuh oleh guru IPS guna
mengatasi kendala-kendala yang dihadapi ialah (a) Tetap konsisten dalam memberikan
pengajaran moral, (b) Sosialisasi pengolahan informasi, (c) Pendekatan individual siswa, (d)
Bersikap sabar, (e) Penekanan disiplin, empati, dan peduli berupa pembiasaan tolong-menolong
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:00
Last Modified: 13 Jun 2022 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18788

Actions (login required)

View Item View Item