Pengesahan Anak Dari Hasil Perkawinan Di Bawah Tangan Pada Penetapan Nomor 245/Pdt.P/2021/PA.Po Di Pengadilan Agama Ponorogo (Analisis Teori Pertimbangan Hakim)

Viantika, Dina Natasha Laila (2022) Pengesahan Anak Dari Hasil Perkawinan Di Bawah Tangan Pada Penetapan Nomor 245/Pdt.P/2021/PA.Po Di Pengadilan Agama Ponorogo (Analisis Teori Pertimbangan Hakim). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180140_Dina Natasha L.V_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (903kB)

Abstract

ABSTRAK
Viantika, Dina Natasha Laila, 2022. Pengesahan Anak Dari Hasil Perkawinan Di Bawah Tangan Pada Penetapan Nomor 245/Pdt.P/2021/PA.Po Di Pengadilan Agama Ponorogo (Analisis Teori Pertimbangan Hakim). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah. Pembimbing Achmad Baihaqi, M.H.
Kata Kunci: Pengesahan, Anak Perkawinan Bawah Tangan, Asal Usul Anak.
Suatu Perkawinan dianggap sah apabila dilaksanakan menurut hukum agama dan kepercayaanya masing-masing serta tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan. Perkawinan yang tidak tercatat tersebut akan menimbulkan masalah kepada anak salah satunya pada akta kelahiran. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan pengajuan permohonan asal usul anak ke Pengadilan. Pengadian Agama Ponorogo sebagai salah satu lembaga peradilan yang menangani perkara-perkara perdata umat Islam salah satunya permohonan pengesahan anak yang lahir dari perkawinan di bawah tangan dengan nomor perkara 245/Pdt.P/20221.PA.Po.
Peneliti tertarik untuk menganalisis Penetapan tersebut, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana analisis kebenaran yuridis terhadap pertimbangan hukum hakim dalam mengabulkan permohonan pengesahan anak dalam penetapan nomor 245/Pdt.P/2021/PA.Po?, Kedua, Bagaimana analisis kebenaran sosiologis terhadap dampak dikabulkannya permohonan pengesahan anak pada penetapan nomor 245/Pdt.P/2021/PA.Po?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara Nomor: 245/Pdt.P/2021/PA.Po., kemudian dianalisis kebenaran yuridis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) penelitian dengan jenis data kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitik.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan yaitu, pertama penetapan hakim Pengadilan Agama Ponorogo Nomor 245/Pdt.P/2021/PA.Po. bahwasannya dengan mempertimbangkan kebenaran yuridis yang mencerminkan kepastian hukum, pertimbangan hakim dalam memutus perkara Permohonan Pengesahan Anak Dari Hasil Perkawinan Di Bawah Tangan yang dilakukan orang tua anak yang disahkan dalam Penetapan tersebut bertitik tolak pada ketentuan pasal-pasal yang dikemukakan diatas, penetapan tersebut telah memuat dasar alasan yuridis yang jelas dan rinci sebab berpedoman pada peraturan perundang-undangan. Kedua, terkait dampak dikabulkannya permohonan pengesahan anak nomor 245/Pdt. P/2021/PA.Po. telah memperhatikan kebenaran sosiologis yang mencerminkan asas kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan dalam penetapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Baihaqi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:01
Last Modified: 13 Jun 2022 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item View Item