Konsep Akhlak terhadap Ilmu dan Ulama dalam Kitab Ta’li>m Al-Muta’allim Karya Imam Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Bahan Ajar Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah.

Nissa, Zulfa Khoirun (2022) Konsep Akhlak terhadap Ilmu dan Ulama dalam Kitab Ta’li>m Al-Muta’allim Karya Imam Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Bahan Ajar Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180244_ZULFA K. N._PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nissa, Zulfa Khoirun. Akhlak peserta didik terhadap guru merupakan nilai luhur yang relevan untuk diajarkan sepanjang jaman. Di antara sarjana muslim yang memberikan perhatian khusus terhadap akhlak peserta didik adalah Syekh Az-Zarnuji dengan salah satu karyanya yaitu kitab Ta’l>i>m al-Muta’allim. Kitab ini diajarkan di hampir seluruh Pondok Pesantren di Indonesia. Sedangkan di madrasah pada umumnya pembelajaran akhlak menggunakan bahan ajar yang berbeda, misalnya untuk pelajaran akhlak kepada guru dan orang tua pada siswa Madrasah Aliyah digunakan bahan ajar akhlak kelas X Bab Hormati Guru dan Orang Tua.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep akhlak terhadap ilmu dan ulama dalam kitab Ta’l>i>m al-Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji (2) mendeskripsikan bahan ajar akhlak kelas X Madrasah Aliyah Bab Hormati Guru dan Orang Tua (3) mendeskripsikan relevansi konsep akhlak terhadap ilmu dan ulama dalam kitab Ta’l>i>m al-Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji dengan bahan ajar akhlak kelas X Madrasah Aliyah Bab Hormati Guru dan Orang Tua.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode content analysis (analisis isi).

Hasil dari penelitian ini (1) Konsep akhlak terhadap ilmu dan ulama dalam kitab Ta’l>i>m al-Muta’allim mencakup ruang lingkup pembahasan yang luas, yaitu: Bersungguh-sungguh ketika belajar, memilih teman yang baik, tidak boleh menuruti hawa nafsu, memilih guru yang alim, dan lain sebagainya. (2) Adapun bahan ajar akhlak kelas X Madrasah Aliyah Bab Hormati Orang Tua dan Guru menjelaskan adab menghormati guru dan adab kepada orang tua. (3) Terdapat relevansi antara konsep akhlak dalam kitab Ta’l>i>m al-Muta’allim dengan bahan ajar akhlak kelas X Madrasah Aliyah Bab Hormati Guru dan Orang Tua. Kitab Ta’l>i>m al-Muta’allim lebih luas ruang lingkupnya dari pada bahan ajar akhlak kelas X Madrasah Aliyah, karena Imam Az-Zarnuji menjelaskan secara rinci mengenai akhlak terhadap ilmu dan ulama. Selain itu beliau juga menjelaskan materi yang ada kaitannya dengan akhlak terhadap ilmu dan ulama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:16
Last Modified: 13 Jun 2022 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18781

Actions (login required)

View Item View Item