PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MELALUI BELA DIRI PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) RAYON PANJENG PONOROGO

Mustofa, M. Zuhdi (2022) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MELALUI BELA DIRI PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) RAYON PANJENG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ethes_Zuhdi[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mustofa,M. Zuhdi. Pengikisan kepribadian yang terjadi pada generasi muda Indonesia merupakan permasalahan yang memerlkan perhatian khusus. Pembentukan kepribadian hendaknya senantiasa dilaksanakan melalui berbagai cara, salah satunya melalui bela diri. Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan salah satu perguruan pencak silat bela diri yang berkontribusi dalam pembentukan karakter para anggotanya. PSHT Rayon Panjeng merupakan salah satu rayon yang melaksanakan pembentukan karakter berdasar pada tujuan dan falsafah PSHT yakni ART yakni membentuk manusia berbudi luhur yang tahu benar dan salah dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguraikan pelaksanaan program kegiatan PSHT di Rayon Panjeng, 2) menguraikan proses pembentukan kepribadian melalui program kegiatan PSHT di Rayon Panjeng, dan 3) menganalisis hasil dari pembentukan kepribadian melalui program kegiatan PSHT di Rayon Panjeng. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara (interview) dan data sekunder
Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) program kegiatan pembentukan kepribadian anggota PSHT Rayon Panjeng yaitu latihan rutin 3x seminggu, sambung (adu fisik), khotmil qur’an, dan menjenguk anggota lain yang sedang sakit atau tertimpa musibah, 2) proses pembentukan kepribadian anggota PSHT Rayon Panjeng melalui metode latihan fisik, latihan teknik, latihan taktik, dan ke-SH-an, 3) hasil dai pembentukan kepribadian anggota PSHT Rayon Panjeng yaitu anggota dengan kepribadian keras menjadi sabar dan rendah hati, meningkatnya kepercayaan diri, memiliki jiwa sosial dan solidaritas tinggi, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 08:36
Last Modified: 10 Jun 2022 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item View Item