ANALISIS PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 10/POJK.05/2021 TENTANG PERIZINAN USAHA DAN KELEMBAGAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO TERHADAP PELAKSANAAN KEPENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH DI BMT SURYA ABADI JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Yuliandari, Santy (2022) ANALISIS PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 10/POJK.05/2021 TENTANG PERIZINAN USAHA DAN KELEMBAGAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO TERHADAP PELAKSANAAN KEPENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH DI BMT SURYA ABADI JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SANTY_YULIANDARI_210215129_Ethesis[1].pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yuliandari, Santy, 2022, Analisis Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2021 Tentang Perizinan Usaha Dan Kelembagaan Lembaga Keuangan Mikro Terhadap Pelaksanaan Kepengawasan Dewan Pengawas Syariah Di Bmt Surya Abadi Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Atik Abidah, M.S.I.

Kata kunci/keyword: Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2021 Tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Lembaga Keuangan Mikro.

Baitul Mal Wa Tanwil adalah badan yang lebih mengarah pada usaha-usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang seperti zakat, infaq, shadaqah. Baitul Mal wa Tanwil sebagai lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil dengan berlandaskan syariahPeran umum BMT adalah melakukan pembinaan dan pendanaan yang berdasarkan sistem syariah.
Dalam rangka mengefektifkan pelaksanaan tugas syariah diperlukan upaya peningkatan pengetahuan DPS tentang pengetahuan operasional koperasi syariah, pengetahuan ekonomi baik pengetahuan fiscal, moneter, akuntansi dan lain sebagainya serta intensitas keterlibatannya dalam menentukan produk baru dan program sosialisasinya Tugas Dewan Pengawas Syariah adalah mengawasi kegiatan usaha lembaga keunagan syraiah yang telah difatwaan oleh Dewan Syraiah Nasional.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan). Penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif denganjenis penelitia kualitatifnya adalah studi kasus. Tekni pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang kepengawasan Dewan Pengawas syariah di BMT Surya Abadi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis data secara induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepengawas-an Dewan Pengawas Syariah di BMT Surya Abadi sudah menjalankan beberapa peran dan fungsinya, akan tetapi belum maksimal karena selain Dewan pengawas Syariah jarang mengunjungi BMT DPS tersebut juga belum memiliki sertifikat dari Dewan Syariah Nasional dan juga belum ada SOP (Standar Operasional).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 08:36
Last Modified: 10 Jun 2022 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18777

Actions (login required)

View Item View Item