Tinjauan Psikologi Keluarga Islam Terhadap Keberfungsian Keluarga Pasangan Pernikahan Dini di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Ariani, Yulia (2022) Tinjauan Psikologi Keluarga Islam Terhadap Keberfungsian Keluarga Pasangan Pernikahan Dini di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210117053-Yulia Ariani-HKI.doc

Download (978kB)

Abstract

ABSTRAK
Ariani, Yulia. 2022. “Tinjauan Psikologi Keluarga Islam terhadap Keberfungsian Keluarga Pasangan Pernikahan Dini di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ika Rusdiana, M.A.
Kata kunci/keyword: Pernikahan Dini, Psikologi Keluarga Islam, Keberfungsian Keluarga (Fungsi ekonomi dan fungsi Sosial).
Diantara di syari’atkannya perkawinan adalah untuk mendapapatkan cinta dan kasih sayang, serta pergaulan yang baik dalam rumah tangga. Psikologi keluarga islam adalah studi yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses kejiwaan manusia pada kehidupan keluarga yang didasarkan kepada ajaran islam. Sebagaimana yang terjadi pada sebagian keluarga di Ponorogo, angka pernikahan dini pada tahun 2020 tercatat sebanyak 176 perempuan dan 58 laki-laki. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bimas Kemenag Ponorogo, jumlah pernikahan dini tertinggi di ponorogo pada tahun 2020 berada di kecamatan Ngrayun. Faktanya dibuktikan dengan data yang tercatat di KUA kecamatan ngrayun pada tahun 2020 terdapat pasangan usia dini yang berusia kurang dari 19 tahun laki-laki 2 orang, dan perempuan sebanyak 33 orang Pernikahan dini tersebut terjadi karena disebabkan oleh pergaulan bebas yang mengakibatkan hamil diluar nikah dan putus sekolah. Pernikahan dini tersebut berdampak pada keberfungsian keluarga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan psikologi keluarga islam terhadap keberfungsian fungsi ekonomi keluarga pasangan pernikahan dini di Kecamatan Ngrayun? (2) Bagaimana tinjauan psikologi keluarga islam terhadap keberfungsian fungsi sosial pasangan pernikahan dini di Kecamatan Ngrayun? (3) Bagaimana tinjauan psikologi keluarga islam terhadap kemampuan resolusi konflik pasangan pernikahan dini di Kecamatan Ngrayun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fungsi ekonomi pada keluarga pasangan pernikahan dini di Kecamatan Ngrayun belum mampu berjalan sesuai fungsinya. Karena, sebagian pasangan pernikahan dini tersebut belum mempunyai pekerjaan karena minimnya lapangan pekerjaan dan rendahnya SDM. Pasangan pernikahan dini tersebut juga sebagian besar belum mampu menjalankan fungsi sosial keluarga, hal tersebut terjadi karena faktor mental dan pengalaman yang minim untuk mampu menjalankannya. Kemampuan dalam meresolusi konflik keluarga juga dinilai belum mampu karena faktor psikologis usia dan emosional yang belum matang, sehingga dalam meresolusi konflik pasangan tersebut dibantu pihak ketiga yaitu keluarga pasangan pernikahan dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:51
Last Modified: 10 Jun 2022 07:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item