(upload ulang sesuai kaidah dan di PDF kan)..ANALISIS IJĀRAH TERHADAP SEWA MENYEWA TANAH SOLOVALLEY DI DESA SUGIHWARAS KECAMATAN NGRAHO KABUPATEN BOJONEGORO

Aziz, Ibnu (2022) (upload ulang sesuai kaidah dan di PDF kan)..ANALISIS IJĀRAH TERHADAP SEWA MENYEWA TANAH SOLOVALLEY DI DESA SUGIHWARAS KECAMATAN NGRAHO KABUPATEN BOJONEGORO. Other thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
ajizz watermak.docx

Download (770kB)

Abstract

ABSTRAK

Aziz, Ibnu. 2022. “Analisis Ijārah Terhadap Sewa-Menyewa Tanah Solovalley Di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho Bojonegoro”. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah. Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo.
Kata Kunci: Ijārah, Tanah Solovalley.
Menurut teori, ijārah dibagi menjadi 2 yakni, ijārah ‘ala al-‘amal ijārah yakni ijārah yang obyek akadnya berupa jasa atau pekerjaan dan ijārah ‘ala al-manafi’, merupakan ijārah yang obyek akadnya adalah manfaat suatu barang, di Desa Sugihwaras terdapat praktek sewa tanah solovalley dimana masyarakat menyewa tanah tersebut untuk pertanian, namun seiring berjalannya waktu sewa atas manfaat tanah tersebut berubah.
Berangkat dari sini ada 2 rumusan maslah yang akan diteliti, (1) Bagaimana analisis ijārah terhadap pengalihan fungsi tanah terhadap tanah sewa “solovalley”? (2) Bagaimana analisis ijārah terhadap pengalihan kepemilikan tanah sewa “solovalley”?.
Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Reasearch) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui interview (wawancara), dan observasi. Teori yang digunakan teori ijārah. Lokasi penelitian di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.
Hasil dari penelitian ini 1) Menurut teori ijārah terhadap pengalihan fungsi tanah solovalley di Desa Sugihwaras termasuk ijārah ‘ala al-manafi’ yakni ijārah yang obyek akadnya adalah manfaat suatu barang. Kemudian akad ini tidak sesuai dengan akad ijārah secara umum dan ijārah ¬menurut KHES pasal 309, karena pada kenyataannya masyarakat seharusnya menggunakan untuk pertanian justru membangun rumah diatas objek perjanjian dengan alasan sudah diwariskan oleh orangtuanya, maka dalam hal ini perjanjian ijārah dihukumi fasakh (batal). 2) Menurut teori ijārah secara umum dan ijārah menurut KHES pasal 310 terhadap pengalihan kepemilikan tanah solovalley tersebut, mustajir tidak diperkenankan mengalihkan kepemilikan atau mengulang sewakan lahan yang ia sewa kepada pihak lain tanpa seizin mu’jir kecuali mustajir memperoleh izin atau sesuai dengan akad di awal perjanjian, karena pada pengerjaan akadnya masyarakat justru mengalihkan sewa pada pihak lain tanpa persetujuan mu’jir, maka perjanjian ijārah tidak tepenuhi dan ijārah dianggap batal (fasakh).

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:54
Last Modified: 10 Jun 2022 06:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18765

Actions (login required)

View Item View Item