Implementasi Reward dan Punishment dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di MI Ma'arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo

Septembri, Silvia Putri (2022) Implementasi Reward dan Punishment dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di MI Ma'arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180113_Silvia Putri Septembri_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septembri, Silvia Putri. 2022. Implementasi Reward dan Punishment dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di MI Ma’arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Reward, Punishment, Karakter Disiplin
Pendidikan merupakan salah satu cara meningkatkan sumber daya manusia melalui kedisiplinan yang tinggi. Kedisiplinan menjadi kunci dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Siswa perlu pembiasaan untuk membentuk karakter disiplin. Reward dan punishment merupakan salah satu cara guru dalam mengapresiasi siswa atas perbuatannya. Dalam suatu sekolah terdapat berbagai karakteristik siswa, ada yang taat terhadap aturan dan ada juga yang melanggar aturan baik disengaja maupun tidak. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi yang digunakan untuk mendisiplinkan siswa. Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan menerapkan reward dan punishment dalam meningkatkan karakter disiplin siswa.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bentuk reward dan punishment yang diterapkan di MI Ma’arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo Jetis Ponorogo, (2) mendeskripsikan penerapan reward dan punishment dalam menguatkan karakter disiplin siswa di MI Ma’arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo, dan (3) mengetahui dampak penerapan reward dan punishment dalam penguatan pendidikan karakter disiplin siswa di MI Ma’arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penilitian jenis kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemberian reward dan punishment yang diterapkan di MI Ma’arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo diberikan dengan berbagai bentuk. Bentuk reward yang diberikan berupa pujian, hadiah, dan tanda penghargaan. Adapun bentuk punishment yang diberikan, yaitu memberikan teguran, memberikan tugas seperti menulis dan menghafal ayat Al-Qur’an atau doa harian, mencukur rambut secara langsung, membersihkan lingkungan sekolah atau masjid, dan mengikutsertakan dalam perlombaan antar sekolah. (2) Penerapan reward dan punishment dalam kegiatan sehari-hari berjalan dengan baik sesuai dengan tatatertib yang berlaku di sekolah. Tatatertib diberikan kepada siswa dari awal masuk ajaran baru. Mereka diperkenalkan dengan tatatertib yang harus dipatuhi di setiap harinya. Penerapan reward dan punishment dibuat senantiasa untuk memberikan pengarahan terhadap peserta didik bahwa perbuatan yang menaati tatatertib akan mendapatkan sebuah reward. Perbuatan yang salah dan melanggar aturan akan mendapatkan sebuah hukuman (punishment). Dengan reward dan punishment tersebut, siswa akan mengontrol perilakunya serta merasa tidak terbebani karena telah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari. (3) Dampak dari penerapan reward dan punishment menjadikan siswa lebih disiplin, yaitu disiplin dalam menaati tatatertib dan disiplin waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:07
Last Modified: 10 Jun 2022 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18764

Actions (login required)

View Item View Item