Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV di MI AL-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo

Herdiana, Vicky Fitriani (2022) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV di MI AL-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180124_Vicky Fitriani Herdiana_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Herdiana, Vicky Fitriani , 2022. Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV di MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Evi Muafiah, M.Ag.

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Guru, Pembelajaran Bahasa Arab

Pada proses kegiatan pembelajaran, penting bagi guru dalam menggunakan kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang mendasar bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, terutama tugas dalam mengajar, mendidik, dan membimbing peserta didik. Di instansi pendidikan, terutama di MI Al-Jihad Karanggebang, guru menjadi nahkoda dalamberjalannya proseskegiatan pembelajaran.Guru diharapkan mampu menggunakan berbagai macam kompetensi yang dimilikinya, terutama pada kompetensi pedagogik. Guru bahasa Arab kelas IV merupakan guru yang belum bersertifikasi. Guru tersebut juga mengajar mata pelajaran lain di kelas bawah. Kelas IV di MI Al-Jihad Karanggebang terbagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas IV A, IV B dan IV C. Pada penelitian ini, peserta didik kelas IV A yang belum sinkron terhadap pembelajaran bahasa Arab dan kurangnya konsentrasi mereka selama proses pembelajaran. Oleh sebab itu, guru harus mampu mengelola kegiatan pembelajaran, terutama pada perancangan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat ikut serta secara aktif dalam belajar dan mencapai tujuan pembelajaran.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Perancangan, (2) Pelaksanaan, dan (3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengenai teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perancangan yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV A dengan menyusun RPP sebelum kegiatan pembelajaran. Guru bahasa Arab dalam merancang pembelajaran belum menyantumkan media pembelajaran di RPP. Media pembelajaran dipersiapkan guru dengan melihat dahulu materi yang akan disampaikan, kemudian menyiapkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan materi pembelajaran, seperti media gambar. Penggunaan metode perancangan pembelajaran, guru bahasa Arab menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. (2) Pelaksanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV A berupaya membentuk berkomunikasi ketika pembelajaran, agar peserta didik dapat merespon dan ikut serta dalam proses belajar mengajar. Upaya yang dilakukan guru yaitu dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan realita kehidupan peserta didik, sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi, pembelajaran menjadi menarik dan tidak monoton. Guru bahasa Arab dalam mengatasi peserta didik yang merasa bosan terhadap pembelajaran, dengan melakukan ice breaking berupa bernyanyi dan diharapkan dapat mengembalikan semangat peserta didik dalam belajar. (3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV A yang meliputi tigas aspek, yakni afektif, kognitif dan psikomotorik. Dalam memberikan penilaian afektif, guru bahasa Arab melaporkan sikap peserta didik selama kegiatan pembelajaran, sehingga penilaian afektif peserta didik di rapor yang nantinya akan diolah oleh wali kelas. Bentuk evaluasi yang diberikan guru bahasa Arab sebelum kegiatan pembelajaran selesai dengan memberikan soal secara lisan dengan tanya jawab dan soal berbentuk tulis melalui di papan tulis dan buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:06
Last Modified: 10 Jun 2022 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18762

Actions (login required)

View Item View Item