UTANG PIUTANG KELOMPOK SIMPAN PINJAM KELURAHAN SINGOSAREN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Kelompok Simpan Pinjam Ibu-Ibu RT 03 Kelurahan Singosaren Kecamatan jenangan Kabupaten Ponorogo)

Intira, Nona (2022) UTANG PIUTANG KELOMPOK SIMPAN PINJAM KELURAHAN SINGOSAREN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Kelompok Simpan Pinjam Ibu-Ibu RT 03 Kelurahan Singosaren Kecamatan jenangan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
NONA INTIRA-102180021-SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
INTIRA, NONA , 2022. “Utang Piutang Kelompok Simpan Pinjam Kelurahan Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus Kelompok Simpan Pinjam Ibu-Ibu RT 03 Kelurahan Singosaren Kecamata Jenangan Kabupaten Ponorogo)”. Skrispi. Fakultas Syariah. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Umarwan Sutopo, M.H.I.
Kata kunci: Utang Piutang, Perspektif Hukum Islam, Simpan Pinjam Ibu-Ibu RT 03 Singosaren
Zaman sekarang konsep bermuamalah sedikit banyak sudah tercampuri dengan teori konvensional atau teori diluar Islam. Jika terus menerus dilakukan dapat menyisihkan, menggeser dan bahkan bisa menghilangkan teori bermuamalah yang diajarkan syariat. Maka dari itu penting untuk diketahui oleh umat islam mengenai bagaimana cara bertransaksi utang piutang yang sesuai dengan ajaran islam agar nantinya bisa berutang piutang dengan benar sesuai ajaran yang telah disyariatkan. Pada praktik utang piutang simpan pinjam ibu-ibu RT 03 Kelurahan Singosaren terdapat ketidak sesuaian terhadap rukun akad yaitu terhadap shighat akad, kemudian adanya potongan awal pada hutang dan menerapkan denda keterlambatan. Berangkat dari latar belakang tersebut penulis tertarik melakukan penulisan dengan judul “Utang Piutang Kelompok Simpan Pinjam Kelurahan Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus Kelompok Simpan Pinjam Ibu-Ibu RT 03 Kelurahan Singosaren Kecamata Jenangan Kabupaten Ponorogo)”.
Rumusan Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini pertama tentang bagaimana analisisis Hukum Islam terhadap shighat akad utang piutang pada praktik simpan pinjam Ibu-ibu RT 03 kelurahan singosaren dan kedua bagaimana analisis hukum Islam terhadap denda keterlambatan praktik simpan pinjam Ibu-ibu RT 03 kelurahan singosaren.
Adapun menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatf. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan pertama bahwa akad pada praktik utang piutang simpan pinjam ibu-ibu RT tersebut terdapat ketidak sesuaian pada ijab dan qabul. Antara pelafalan ijab dan qabul tidak sesuai sehingga akad tidak sah. Kedua bahwa terdapat penerapan denda keterlambatan dimana hal tersebut merupakan hal riba yang menyerupai riba jahilyah dimana riba tersebut terjadi karena adanya utang yang dibayar lebih dari pokoknya karena peminjam tidak mampu melunasi utangnya setelah jatuh tempo. Maka dalam hal ini praktik simpan pinjam tersebut mengandung unsur riba yang sebagaimana aturan syariat islam diharamkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:00
Last Modified: 10 Jun 2022 07:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18753

Actions (login required)

View Item View Item