Strategi Customer service Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Terhadap Prinsip Syariah

Lutfiatin, Vivi (2022) Strategi Customer service Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Terhadap Prinsip Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180103_Vivi Lutfiatin_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Lutfiatin, Vivi. Srategi Customer Service Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Terhadap Prinsip Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah.

Kata kunci: Strategi, Customer Service, Pelayanan Prima

Bank Syariah Indonesia merupakan lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa yang berdasarkan prinsip syariah. Dimana bank harus menyiapkan karyawan yang berkualitas, dapat dipercaya, patuh akan operasional bank serta mempunyai strategi pelayanan yang baik agar bank tersebu mampu memberikan pelayanan dan menangani berbagai keluhan nasabah. Dalam hal ini customer service merupakan kunci keberhasilan dalam kegiatan perbankan.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelayanan customer service dalam meningkatkan pelayanan prima terhadap prinsip syariah, (2) mengetahui strategi customer service dalam meningkatkan pelayanan prima terhadap prinsip syariah, (3) mengetahui dampak pelayanan dalam meningkatkan pelayanan prima terhadap prinsip syariah.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan metode deskripsi. Data yang menjadi sumber adalah Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan customer service Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari untuk meningkatkan kepatuhan operasional bank terhadap prinsip syariah adalah pelayanan customer service dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya yaitu menggunakan strategi dasar yaitu bersikap ramah, cepat tanggap, dan name tag yang selalu diperhatikan, sementara strategi utamanya adalah Responiveness (Cepat Tanggap), Competence (kompetensi), Credibility (dapat dipercaya), Contribution (kontribusi), Honesty (kejujuran), Service Excellent (pelayanan prima), Innovation (perubahan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:38
Last Modified: 10 Jun 2022 03:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18745

Actions (login required)

View Item View Item