Strategi Pengasuh Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Dan Beribadah Anak Asuh Di LKSA Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo

Setyaningrum, Putri Nadha (2022) Strategi Pengasuh Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Dan Beribadah Anak Asuh Di LKSA Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180180_PUTRI NADHA SETYANINGRUM_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setyaningrum, Putri Nadha. 2022. Strategi Pengasuh Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Dan Beribadah Anak Asuh Di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Arif Rahman Hakim, M.Pd..
Kata Kunci: Strategi, Motivasi Belajar dan Beribadah, Tunanetra
Motivasi merupakan hal sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk dalam belajar dan beribadah. Belajar dan beribadah merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim, termasuk anak yang tunanetra. Adapun motivasi yang dimiliki anak asuh di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisiyah Ponorogo selalu naik turun. Sehingga para pengasuh harus memiliki strategi untuk menangani dan juga mendampingi mereka. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti strategi pengasuh dalam menumbuhkan motivasi belajar dan beribadah anak asuh di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo.
Penelitian ini bertujun untuk: (1) Mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh pengasuh dalam menumbuhkembangkan motivasi belajar anak asuh di LKSA Tunanetra Terpadu ’Aisyiyah Ponorogo. (2) Mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh pengasuh dalam menumbuhkembangkan motivasi beribadah anak asuh di LKSA Tunanetra Terpadu ’Aisyiyah Ponorogo. (3) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pengasuh dalam menumbuhkebangkan motivasi belajar dan beribadah anak asuh di LKSA Tunanetra Terpadu ’Aisyiyah Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi pengasuh dalam menumbuhkembangkan motivasi belajar secara keseluruhan berjalan dengan baik. Dalam belajar bahasa arab, pengasuh memberikan strategi individual yaitu pengasuh memberikan pembelajaran pada tiap anak tunanetra sesuai kemampuannya. Dalam belajar Fiqih memakai strategi pembelajaran langsung (direct instruction) yaitu pengasuh mengajar secara langsung serta praktek dan juga menggerakkan atau memegang langsung anak tunanetra. Adapun muhadharah pengasuh memberikan strategi pemberian hadiah (reward), yaitu pengasuh memberikan hadiah untuk anak yang mencapai hasil terbaik selama proses muhadharah. (2) Strategi pengasuh dalam menumbuhkembangkan motivasi beribadah yaitu dengan strategi keteladanan, yang mana pengasuh ikut secara langsung saat shalat berjama’ah di masjid. Strategi selanjutnya yaitu adanya program mengaji dan menghafal Al-Qur’an setelah shalat subuh dengan menggunakan Al-Qur’an brailee. Pengasuh juga mengajak mendengarkan pengajian bersama dan melatih amalan sunah yaitu puasa senin kamis dan do’a bersama yang dilakukan satu minggu sekali. (3) Faktor pendukung dari strategi pengasuh dalam menumbuhkembangkan motivasi belajar dan beribadah anak asuh yaitu fasilitas berupa komputer dan masjid yang dekat. Selain itu lingkungan masyarakat yang mendukung dari finansial juga memotivasi anak secara langsung. Dan dukungan dari para orang tua anak. Adapun faktor penghambatnya yaitu fasilitas. Selain menjadi faktor pendukung, fasilitas juga menjadi faktor yang menghambat. Karena di panti belum ada kelas khusus untuk belajar. Selain itu, pengasuh yang lulusannya linier untuk panti dari segi provesionalitasnya masih kurang. Dan juga rasa malas yang datang pada anak merupakan faktor penghambat strategi yang dilakukan pengasuh dalam menumbuhkembangkan motivasi belajar dan beribadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:57
Last Modified: 22 Jun 2022 07:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item View Item