..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa SDN 3 Kemiri Jenangan Ponorogo tahun Ajaran 2021 /2022

Khoiriah, Mei Nurul (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa SDN 3 Kemiri Jenangan Ponorogo tahun Ajaran 2021 /2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180073_MEI NURUL KHOIRIAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khoiriah, Mei Nurul. Pengaruh Budaya Sekolah Dan Motivasi Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa SDN 3 Kemiri Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.

Kata Kunci: Budaya Sekolah, Motivasi Guru Matematika, Pembelajaran Matematika.
Sejak awal pembelajaran banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika sulit dan tidak menyenangkan sehingga mengurangi rasa untuk mengikuti proses pembelajaran serta menyebabkan menurunya hasil belajar siswa. Kemudian, siswa lebih sering mendapatkan materi yang dijelaskan secara teori tanpa media yang menarik sehingga mereka kurang memahami materi dengan baik. Beberapa faktor tersebut diyakini berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran siswa
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) apakah ada pengaruh budaya sekolah terhadap pembelajaran matematika siswa SDN 3 Kemiri Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021 /2022; (2) apakah ada pengaruh motivasi guru matematika terhadap pembelajaran matematika siswa SDN 3 Kemiri Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021 /2022; (3) apakah ada pengaruh budaya sekolah dan motivasi guru matematika terhadap pembelajaran matematika siswa SDN 3 Kemiri Jenangan Ponorogo tahun Ajaran 2021 /2022.
Metode penelitian yaitu ini kuantitatif. Jenis Penelitianya yaitu expost fakto. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 44 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket budaya sekolah, angket motivasi guru matematika, dan angket pembelajaran siswa. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara variabel budaya sekolah terhadap pembelajaran matematika. Yang dibuktikan dengan adanya nilai signifikansi sebesar 0,000. Kesimpulanya adalah terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap pembelajaran matematika. Selain itu terdapat pula pengaruh antara variabel motivasi guru matematika terhadap pembelajaran siswa. Hal itu dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifikansi sebesar 0,000. Kesimpulannya terdapat pengaruh motivasi guru matematika terhadap pembelajaran matematika. Selanjutnya juga terdapat pengaruh antara budaya sekolah dan motivasi guru matematika terhadap pembelajaran matematika. Hail itu dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifiknsi sebesar 0,000. Yang artinya budaya sekolah (X1) dan motivasi guru matematika (X2) berpengaruh terhadap pembelajaran matematika (Y). Selanjutnya diperoleh nilai fhitung = 10.557 dan ftabel= 3.22 . Artinya adanya pengaruh budaya sekolah (X1) dan motivasi guru matematika (X2) terhadap pembelajaran matematika (Y) secara simultan. Kemudian diperoleh nilai R squer sebesar 0.340 atau 34%. Yang artinya besarnya presentase pengaruh budaya sekolah dan motivasi guru matematika terhadap pembelajaran matematika adalah sebesar 34%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:34
Last Modified: 10 Jun 2022 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18729

Actions (login required)

View Item View Item