Analisi Civic Disposition dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas VI SDN 3 Bangunsari

Rahayu, Eka Puji (2022) Analisi Civic Disposition dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas VI SDN 3 Bangunsari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
EKA PUJI RAHAYU 203180158 PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakter warga negara yang baik merupakan salah satu tujuan dari pelaksanaan pendidikan nasional. Banyaknya kasus kejahatan yang melibatkan anak-anak atau remaja sebagai pelaku menandakan masih perlu ditingkatkannya upaya dalam membentuk karakter anak. Sekolah sebagai salah satu lembaga pelaksana pendidikan memiliki peranan yang penting dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh seorang warga negara. Karakter kewarganegaraan atau civic disposition harus bentuk dalam diri anak sejak dini agar anak dapat tumbuh dewasa dengan memiliki karakter yang baik sebagai seorang warga negara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis karakter privat dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas VI SDN 3 Bangunsari. (2)Menganalisis karakter publik dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas VI SDN 3 Bangunsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Bangunsari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer pada penelitian ini merupakan hasil angket, hasil wawancara, dan hasil observasi. Data sekunder pada penelitian ini merupakan dokumen-dokumen yang dapat memberikan informasi terkait penelitian ini. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman. Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data ditemukan hasil bahwa (1) Karakter privat dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas VI SDN 3 Bangunsari sudah baik dalam beberapa indikator dan masih perlu ditingkatkan dalam beberapa indikator. Indikator karakter privat yang sudah baik adalah bertanggung jawab moral dan menghargai harkat dan martabat orang lain, sedangkan indikator yang masih perlu ditingkatkan adalah pada disiplin diri.(2) Karakter publik dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas VI SDN 3 Bangunsari sudah baik dalam beberapa indikator dan masih perlu ditingkatkan dalam beberapa indikator. Indikator karakter publik yang sudah baik adalah kepedulian, kesopanan, dan kemauan untuk mendengar, bernegosiasi, dan berkompromi, sedangkan indikator yang masih perlu ditingkatkan adalah mengindahkan aturan dan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:31
Last Modified: 10 Jun 2022 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item View Item