Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Magetan

Mashunatun, Umi (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180225 Umi Mashunatun PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler palang merah remaja merupakan perilaku yang penting dalam kehidupan sehari-hari dalam melakukan suatu perbuatan, sehingga perbuatan yang dilakukannya akan bernilai positif bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Dilihat dari latar belakangnya sebagian siswa yang kurang mengerti nilai pendidikan agama Islam, palang merah remaja dapat dijadikan sebagai wadah untuk memahami nilai pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler palang merah remaja yang terdapat prinsip, tri bakti dan tugas pokk palang merah remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan implementasi nilai pendidikan agama Islam pada prinsip palang merah remaja di MAN 2 Magetan, (2) menjelaskan implementasi nilai pendidikan agama Islam pada tri bakti palang merah remaja di MAN 2 Magetan, (3) menjelaskan implementasi nilai pendidikan agama Islam padatugas pokok palang merah remaja di MAN 2 Magetan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan, yang dilakukan di MAN 2 Magetan. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data terdiri dari pengamatan yang tekun, triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) implementasi nilai pendidikan agama Islam pada prinsip palang merah remaja di MAN 2 Magetan seperti menerapkan perilaku hidup bersih sehat, sikap peduli, bertanggung jawab, tolong menolong, bersikap mandiri dan kemanusiaan siswa dapat tumbuh dengan sendirinya sesuai dengan tujuh prinsip tersebut, (2) menjelaskan implementasi nilai pendidikan agama Islam pada tri bakti palang merah remaja di MAN 2 Magetan seperti menjaga kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman, bersahabat dengan peduli sesama, mendo’akan saudara yang sedang sakit, (3) menjelaskan implementasi nilai pendidikan agama Islam pada tugas pokok palang merah remaja di MAN 2 Magetan seperti sikap peduli sesama dengan menjenguk ataupun mendoakan saudara yang sakit serta membantu dengan cara tidak harus bertemu/fisik tetapi juga dengan non fisik/rasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:36
Last Modified: 10 Jun 2022 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18725

Actions (login required)

View Item View Item