PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMAN 1 BALONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022

Azizah, Ummi Wafi (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMAN 1 BALONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180227_UMMI WAFI AZIZAH_PAI.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

Azizah, Ummi Wafi. 2022. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dan Kedisiplinan
terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran
2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita
Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Diskusi, Kedisiplinan, Prestasi Belajar PAI.
Prestasi belajar adalah suatu produk yang didapatkan serta memiliki kesan tersendiri untuk
seseorang dan dapat membuat perubahan pada diri individu untuk memperoleh prestasi dalam
belajar. Pencapaian prestasi belajar seseorang pasti akan berbeda-beda, tergantung kepada usaha
tiap individu. Hal tersebut sangat umum terjadi, dan banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil
akhir pencapaian prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh
peneliti melalui wawancara dengan guru mata pelajaran PAI di SMAN 1 Balong Ponorogo,
diperoleh informasi bahwa prestasi belajar pada 32% siswa kelas XI di bawah KKM, yaitu ditandai
bahwa nilai siswa dibawah kreteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran PAI. Penelitian ini
penting dilakukan mengingat prestasi belajar merupakan gambaran tingkat keberhasilan kegiatan
pembelajaran. Oleh karena itu perlu dikaji lebih dalam tentang hal yg mempengaruhi rendahnya
prestasi belajar. Prestasi belajar yang rendah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor
internal yaitu yang mempengaruhi dari dalam diri individu, sedangkan faktor eksternal diantaranya
yaitu metode pembelajaran dan penerapan kedisiplinan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran diskusi
pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (2)
mengetahui kedisiplinan pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo tahun
ajaran 2021/202; (3) mengetahui prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN
1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (4) mengetahui signifikansi pengaruh penerapan
metode pembelajaran diskusi terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Balong
Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (5) mengetahui signifikansi pengaruh kedisiplinan terhadap
prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (6)
mengetahui signifikansi pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi dan kedisiplinan
terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini penulis rancang dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini berjumlah
101 siswa. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu berjumlah 80 orang dengan
teknik pengambilan sampel berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan. Instrumen pengumpulan data
pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari tahap analisis data ditemukan hasil bahwa: (1) penerapan metode
pembelajaran diskusi pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN Balong Ponorogo tahun
ajaran 2021/2022 dominan kategori cukup efektif yaitu sebesar 65%; (2) kedisiplinan pada mata
pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dominan kategori
sedang yaitu sebesar 68,75%; (3) prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN
1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dominan kategori sedang yaitu 63,75%; (4) penerapan
metode pembelajaran diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa
kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan besarnya pengaruh 16,9%.
(5) kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMAN
1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan besarnya pengaruh 20,5%. (6) penerapan
metode pembelajaran diskusi dan kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi
belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan besarnya
pengaruh 20,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:25
Last Modified: 10 Jun 2022 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item