,,,(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum islam Terhadap Peran Ganda Perempuan Karir Di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Harevfi, Febri Al (2022) ,,,(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum islam Terhadap Peran Ganda Perempuan Karir Di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210117128_Febri Al Harevfi_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al Harevfi, Febri, 2022. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Peran Ganda Perempuan Karir di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M.Ag.

Kata kunci/keyword: Peran Ganda, Perempuan Karir
Peran ganda perempuan karir adalah seorang perempuan yang berkecimpung dalam kegiatan profesi pekerjaan. Umumnya karir ditempuh oleh perempuan di luar rumah. Sehingga perempuan karir tergolong mereka yang berkiprah di sektor public. Tetapi dalam kasus perempuan karir di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo ada yang bekerja di luar rumah dan ada juga yang bekerja di rumah. Seroang perempuan karir yang mempunyai kewajiban untuk mengatur rumah tangga dengan sebaik-baiknya, turut membantu suami untuk bekerja mencari nafkah yang dikarenakan nafkah dari suaminya tidak bisa mencukupi untuk kebutuhan ekonomi keluarga, sehingga mereka ada yang tidak memperhatikan peran wajib mereka sebagai ibu rumah tangga seperti syarat perempuan boleh bekerja menurut teori Hukum Islam Yu>suf Qardawi>.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang peran ganda perempuan karir dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap peran perempuan karir dalam mendidik anak di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode deduktif
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tinjauan hukum islam tentang peran ganda wanita karir di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo ini bahwa keseluruhan peran perempuan karir dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan kesejahteraan keluarga di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo telah memenuhi syarat-syarat wanita boleh bekerja sebagaimana teori Hukum Islam Menurut Yu>suf Qaradawi> yaitu pekerjaan halal, berperilaku sesuai syariat, pekerjaan tersebut tidak membuat lalai menjadi ibu rumah tangga, pekerjaan tidak bercampur aduk dengan kaum laki-laki. Lalu dalam tinjauan Hukum Islam tentang peran perempuan karir dalam mendidik anak di Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, peran perempuan karir dalam mendidik anak-anak mereka sudah sesuai dengan Hukum Islam tentang pendidikan terhadap anak yaitu pendidikan tentang akal, aqidah, akhlak, ibadah, dan jasmani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:24
Last Modified: 10 Jun 2022 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18718

Actions (login required)

View Item View Item