Meningkatkan Good Mood Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain dan Bernyanyi di RAM NU 140 Paringan II Jenangan Ponorogo

Umaroh, Riska (2021) Meningkatkan Good Mood Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain dan Bernyanyi di RAM NU 140 Paringan II Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
uploude,skripsi ulang.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Umaroh, Riska, 2022. Meningkatkan Good Mood Anak Usia Dini dengan Metode Bermain dan Bernyanyi. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lia Amalia, M. Si.
Kata Kunci: Mood, Anak Usia Dini, Bermain, Bernyanyi.
Anak usia dini merupakan masa yang baik dalam menerima berbagai hal yang positif, karena sifat penirunya, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Masa anak usia dini berperan penting sebagai kunci kesuksesan kemasa setelahnya. Namun anak terkadang memiliki masalah yang dapat menghambat perkembangan kepribadian dan tingkah lakunya seperti masalah kecemasan, ketakutan, malu yang berlebihan akibat kegiatan yang dilakukan atau faktor keluarga serta pengalaman yang tidak baik, hal-hal tersebut dapat membentuk suasana hati yang buruk dan menurunkan suasana hati yang baik. Suasana hati yang tidak baik menjadikan anak kurang produktif dan tidak baik terhadap kondisi mental anak, dan jika dibiarkan menumpuk tanpa adanya penyelesaian masalah ditakutkan akan memberikan dampakpada kesehatan mental anak. Cara atau metode yang cocok adalah metode bermain dan bernyanyi, suatu metode yang memberikan cara-cara pada anak untuk melakukan kegiatan dengan senang karena sifat dari kedua metode tersebut adalah menyenangkan, selain itu metode tersebut sekarang mulai ditinggalkan oleh kalangan orang tua ketika dirumah dan digantikan oleh gatged, sehingga penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai fakta dan keunikan serta pentingnya kedua metode ersebut
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan mood anak dengan metode bermain dan bernyanyi. Penelitian pada anak usia dini di RAM NU 140 Paringan II Jenangan Ponorogo sebagai lokasi untuk memudahkan penelitian, mencari penyebab suasana hati yang buruk pada anak, dan supaya mengetahui masalah-masalah yang timbul akibat suasana hati yang tidak baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana peneliti menjabarkan data-data yang diperoleh melalui teori dan sumber lain baik buku, jurnal, internet, observasi, wawancara dan dokumentasi serta telaah dari skripsi lain.
Hasil penelitian ini adalah, dapat diketahui penyebab penurunan mood, bad mood, dan masalah-masalah anak yang berpengaruh pada suasana hati anak, dapat memahamai dan menggunakan metode bermain dan bernyanyi tidak sebatas sesuatu yang melekat pada anak namun sebagai metode penting untuk mengatur, mengelola dan solusi atas permasalahan psikis anak, dan dapat meningkatkan good mood pada anak yang mengalami penurunan pada suasana hatinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:21
Last Modified: 10 Jun 2022 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item