Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Dengan Cara Random Di Toko Onlineshop Eskifashion Ponorogo

Alfiani, Desi (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Dengan Cara Random Di Toko Onlineshop Eskifashion Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210215006_Desi Alfiani_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Alfiani, Desi Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pakaian Dengan Cara Random Di Toko Onlineshop Eskhifashion Ponorogo. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Drs. H. Achmad Rodli Makmun, M.Ag.
Kata Kunci/Keywoard: Jual beli, Random, Pakaian
Hukum Islam melarang penjual menjual barang yang tidak jelas atau gha>ra>r, karena jual beli yang seperti ini akan mengandung resiko atau bahaya kepada salah satu pihak sehingga mendatangkan kerugian finansial. Toko Onlineshop Eskifashion Ponorogo yang menjual barang dengan cara random (acak) Namun reseller tidak dapat melihat pakaian secara langsung karena pakaian dibungkus dalam satu wadah atau satu karung yang belum ditetapkan harganya dan hanya bisa dilihat lewat media online atau gambar yang diunggah, kemudian reseller dapat mengambil apa yang sudah dibeli, namun barang yang sudah dibeli secara random tak dapat dipilih sesuai yang diinginkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap objek jual beli pakaian dengan cara random di toko Onlineshop Eskifashion Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penentuan harga jual beli pakaian dengan cara random di toko Onlineshop Eskifashion Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat dari lapangan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menurut hukum Islam (1) bahwa Objek jual beli dengan cara random termasuk dalam hal gha>ra>r. Hal ini merupakan jual beli yang dilarang dalam Islam. Dalam jual beli pakaian dengan cara random ini juga tidak memenuhi syarat kerjasama antar kedua belah pihak seperti barang tidak sesuai dengan yang asli tidak bisa ditukar kembali. (2) Penentuan harga jual beli pakaian dengan cara random oleh Owner tersebut termasuk jual beli yang dilarang berdasarkan ma’qud alaih, karena ketidak samaan antara harga barang satu dengan harga barang yang lain sehingga menimbulkan kerugian reseller.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rodli Makmun
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:17
Last Modified: 10 Jun 2022 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18713

Actions (login required)

View Item View Item