Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit

Wijayanti, Elisa (2022) Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ELISA WIJAYANTI_203180039_E06.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wijayanti, Elisa. 2022. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV di MI Ma’ari Ngrupit. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M. Si.

Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar Siswa.

Keaktifan belajar siswa merupakan kesungguhan siswa selama mengikuti pembelajaran. Sebagaimana keaktifan belajar siswa sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan daripada pembelajaran itu sendiri. Namun dalam proses
pembelajaran masih di temukan siswa tidak aktif bertanya mengenai materi yang disampaikan oleh guru, pemahaman setiap siswa mengenai mata pelajaran matematika berbeda-beda dan tingkat kesungguhan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang berbeda-beda.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Ngrupit, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Ngrupit, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari minat dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Ngrupit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan jumlah populasi 225 siswa. Teknik yang digunakan untuk menggambil sampel adalah sampel jenuh yaitu sejumlah 26 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner atau angket.
Adapun hasil penelitian diantaranya sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV Pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Ngrupit. Besar pengaruh minat belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa yaitu sebesar 19%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Ngrupit. Besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 26%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Ngrupit. Besar pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI M’arif Ngrupit sebesar 40%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:14
Last Modified: 10 Jun 2022 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item View Item