Pandangan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Ponorogo terhadap Penyaluran Zakat untuk Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Auliyah, Alif Fatul (2022) Pandangan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Ponorogo terhadap Penyaluran Zakat untuk Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ALIF FATUL AULIYAH SKRIPSI UPLOAD DI E THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Auliyah, Alif Fatul, 2022, Pandangah Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyyah Ponorogo terhadap Zakat bagi Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Anjar Khususiyanah, M. Hum.
Kata Kunci: Zakat, Penyaluran, Korban Kekerasan
Tingginya potensi zakat pada masa sekarang ini, ditambah dengan banyaknya permasalahan yang muncul, menyebabkan munculnya gagasan-gagasan baru. Kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan permasalahan serius yang terjadi hampir di setiap daerah termasuk Ponorogo. Tingginya tingkat kekerasan di Ponorogo, tentu sangat memungkinkan jika suatu saat terdapat gagasan penyaluran zakat bagi korban kekerasan ini. Sehingga, guna mencegah kegagapan masyarakat akan kemungkinan tersebut, maka diperlukan adanya pendapat dari lembaga yang lebih menguasai terkait penentuan boleh tidaknya hukum suatu persoalan di masyarakat, yang dalam penelitian ini yaitu lembaga Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana pandangan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Ponorogo terkait paradigma zakat dan metode penafsiran yang digunakan? (2) Bagaimana pendapat Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Ponorogo terhadap hukum penyaluran zakat bagi korban kekerasan terhadap perempuan dan anak? Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana paradigma zakat serta hukum penyaluran zakat bagi korban kekerasan menurut Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Ponorogo.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan tematis dan naratif. Sedangkan dalam mengumpulkan data, terdapat dua metode yaitu dengan melalui wawancara dan juga melalui dokumentasi terhadap buku-buku atau website resmi yang memiliki keterkaitan langsung dengan tema penelitian.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Mayoritas pendapat dari NU dan Muhammadiyah Ponorogo sepakat mendefinisikan zakat dengan definisi yang berlaku secara umum. Namun ada pendapat lain dari NU yang mendefinisikan zakat secara lebih khusus. (2) Mengenai pendapat NU dan Muhammadiyah Ponorogo terkait hukum penyaluran zakat bagi korban kekerasan, NU dan Muhammadiyah berpendapat bahwa delapan golongan ashnaf atau golo-ngan penerima zakat harus didefinisikan sebagaimana mengikuti dinamika perkembangan zaman, sehingga hukum penyaluran zakat bagi korban kekerasan adalah diperbolehkan. Adapun ada pendapat lain dari NU adalah diperbolehkan dengan catatan, dua golongan tertentu tidak bisa menjadi analogi penyaluran zakat bagi korban kekerasan. Hal ini karena metode dalam mendefinisikan beberapa asnaf tertentu adalah secara tekstual sebagaimana tertulis dalam dalilnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:52
Last Modified: 09 Jun 2022 07:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18696

Actions (login required)

View Item View Item