Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Makanan dan Minuman di Tempat Wisata (Studi Kasus di Pantai Pancer Door, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan)

Khusnawati, Meri Anti (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Makanan dan Minuman di Tempat Wisata (Studi Kasus di Pantai Pancer Door, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180018_MERI ANTI KHUSNAWATI_HES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khusnawati, Meri Anti, 2022. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Makanan dan Minuman di Tempat Wisata (Studi Kasus di Pantai Pancer Door, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ima Frafika Sari, M. Pd.
Kata kunci/keywords: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Penetapan Harga
Jual beli merupakan aspek muamalah yang terpenting dalam kehidupan sosial. Melakukan penetapan harga dengan terbuka dan transparan merupakan kewajiban bagi seorang pedagang. Pada praktik jual beli makanan dan minuman di Pantai Pancer Door, banyak pedagang yang tidak mencantumkan harga pada menu makanan mereka. Prinsip terpenting yang mengatur seluruh aktivitas ekonomi adalah keadilan. Pada praktik jual beli makanan dan minuman di Pantai Pancer Door Pacitan, terdapat beberapa penjual yang membedakan harga terhadap wisatawan lokal dan wisatawan luar kota. Penjual memberikan harga yang lebih tinggi kepada wisatawan luar kota.
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni: Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan jual beli tanpa mencantumkan harga di tempat wisata Pantai Pancer Door Pacitan? Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penetapan harga bagi wisatawan lokal dan wisatawan luar kota di tempat wisata Pantai Pancer Door Pacitan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kancah kehidupan sebenarnya. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan studi kasus, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan memperoleh makna serta pemahaman atas suatu kasus. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan metode induktif, yakni proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan (berupa data lapangan) yang kemudian dianalisis, ditafsirkan dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan berdasarkan pada data lapangan tersebut.
Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli tanpa pencantuman harga di tempat wisata Pantai Pancer Door Pacitan telah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam. Terdapat beberapa alasan pedagang tidak mencantumkan harga pada menu makanan dan minuman mereka yaitu harga bahan baku yang berubah-ubah sehingga harga menu makanan dan minuman juga tidak tetap. Alasan yang kedua ialah jual beli tanpa pencantuman harga merupakan tradisi yang dilakukan mayoritas pedagang warung makan di tempat wisata Pantai Pancer Door Pacitan. Beberapa pedagang yang memberikan penetapan harga berbeda bagi wisatawan lokal dan wisatawan luar kota di tempat wisata Pantai Pancer Door Pacitan telah melanggar prinsip dasar etika bisnis Islam yaitu prinsip keseimbangan (equilibrium) dan prinsip kebenaran (kebajikan dan kejujuran). Selanjutnya, jika dilihat dari etika bisnis Islam dalam penetapan harga, terdapat beberapa prinsip yang belum sesuai yaitu prinsip keadilan dan larangan Tadli>s.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:11
Last Modified: 09 Jun 2022 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

View Item View Item