Analisis Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Pada Film Serdadu Kumbang

Meilani, Sendyta (2022) Analisis Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Pada Film Serdadu Kumbang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180109_SENDYTA MEILANI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Meilani, Sendyta. 2022. Analisis Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru pada Film Serdadu Kumbang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Kompetensi Kepribadian Guru, Serdadu Kumbang
Pendidikan merupakan sebuah proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau maupun kelompok orang. Era globalisasi seperti saat ini guru sedang tajam disoroti oleh masyarakat. Melalui film Serdadu Kumbang, merupakan salah satu upaya untuk menerapkan kompetensi profesional dan kepribadian bagi guru. Film Serdadu Kumbang merupakan film yang tepat untuk dijadikan panutan menjadi guru yang baik dan profesional.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kompetensi professional guru dalam aspek pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran dalam film serdadu kumbang, untuk mendeskripsikan kompetensi professional guru dalam kehidupan sehari-hari, untuk mendeskripsikankompetensi kepribadian guru dalam aspek interaksi yang bersifat mengayomi peserta didik dan memiliki sikap yang baik dalam film serdadu kumbang, untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru dalam kehisupan sehari-hari dan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru dalam berpenampilan dewasa sebagai pendidik yang layak diteladani dalam film serdadu kumbang.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pendekatan penelitian study kepustakaan (libbrary research) dengan tehnik analisi isi (content analysis). Sumber data dari penelitian ini adalah film Serdadu Kumbang. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data dokumentasi dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian pada film Serdadu Kumbang terhadap kompetensi professional dan kepribadian guru, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat kompetensi professional guru dalam aspek pengelolaan kelas secara humanis yakni mampu menyampaikan materi dengan baik serta mampu mengelola kelas dengan kondusif dan penggunaan media pembelajaran yang tepat tanpa adanya kekerasan dan ancaman sehingga membuat siswa nyaman dalam belajar. Dalam kesehariannya guru juga bersikap baik di lingkungan masyarakat. Mampu memposisikan dirinya sebagai seorang guru, teman sebaya dan orang tua. Kompetensi professional guru dalam sehari-hari secara humanis mampu mengajar, mendidik dan mempunyai wawasan yang luas adalah dengan mengajar dan mendidik siswa dengan penuh kasih sayang dan memusatkan siswa pada proses pembelajaran. Kompetensi kepribadian guru dalam aspek interaksi yang bersifat mengayomi peserta didik secara humanis adalah dengan berinteraksi dan yakni mengayomi peserta didik dan hidup bermasyarakat dengan ramah, dan tidak pernah memperlakukan orang lain seenaknya sendiri. Kompetensi kepribadian guru dalam memiliki sikap baik juga diterapkan dalam film serdadu kumbang secara humanis dengan bersikap demokratis, sabar dalam menjalani profesinya sebagai guru dan mengembangkan dirinya. Dalam kesehariannya guru yang memilkiki kepribadian yang baik secara humanis adalah mempunyai sifat rendah hati, pemaaf, jujur, ceria, disiplin, empati, humoris dan penyayang terhadap peserta didik. dalam film serdadu kumbang juga terdapat cara berpakaian guru yang humanis adalah memberikan contoh sebgai panutan peserta didik dalam beretika dan berpakaian secara baik dan benar sesuaai aturan yang telah di tetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:12
Last Modified: 09 Jun 2022 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item