TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJASAMA PEMELIHARAAN KAMBING PADA KELOMPOK MASYARAKAT KRANGGAN MAKMUR DI KELURAHAN PATIHAN WETAN KECAMATAN BABADAN

Indarti, Rodiyahna Tri (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJASAMA PEMELIHARAAN KAMBING PADA KELOMPOK MASYARAKAT KRANGGAN MAKMUR DI KELURAHAN PATIHAN WETAN KECAMATAN BABADAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPI RODIYAHNA TRI INDARTI UPLOAD E-THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Indarti, Rodiyahna Tri, 2022. Tinjauan Hukum Islam terhadap Kerjasama Pemeliharaan Kambing pada Kelompok Masyarakat Kranggan Makmur di Kelurahan Patihan Wetan Kecamatan Babadan.Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Novi Fitia Maliha, M.H.I.

Kata Kunci : Hukum Islam, Kerjasama, Resiko, Mud}a>rabah
Kerjasama pemeliharaan kambing sudah lama dilakukan oleh Kelompok Masyarakat (POKMAS) Kranggan Makmur di Kelurahan Patihan Wetan Kecamatan Babadan. Pada Praktiknya kerjasama ini terjalin antara pemilik modal ( POKMAS) dan pemelihara kambing (anggota POKMAS). Modal yang diberikan berupa kambing yang diserahkan kepada pemelihara kambing. Dalam hal ini pemelihara kambing juga ikut andil dalam penyertaan modal dari iuran yang dibayarkannya. Kerjasama pemeliharaan kambing tersebut diawali dengan perjanjian kerjasama secara lisan dan juga tertulis. Adapun keuntungan dan juga kerugian dalam pemeliharaan tersebut menjadi tanggung jawab bersama dengan porsi 1:3. Akan tetapi dalam praktiknya penanggungan resiko tidak sesuai dengan yang telah disepakati. Penanggungan resiko yang terjadi mengalami perbedaan berdasarkan kategori atau jenis resiko yang dialami. Praktik kerjasama tersebut dalam fikih muamalah dapat dikategorikan sebagai akad mud}a>rabah. Dalam prktiknya mengalami kesenjangan antara teori dengan praktik dilapangan.Dengan ini peneliti merumuskan masalah mengenai (1) Bagaimana tinjauan akadmud}a>rabah yang digunakan dalam kerjasama yang dilakukan oleh kelompok masyarakat kranggan makmur? (2) Bagaimana terkait penanggungan resiko yang diterapkan pada pemeliharaan kambing?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunaka metode kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan data yang diperoleh menggunakan metode induktif yaitu diawali dengan kenyataan-kenyataan yang bersifat khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan umum dalam teori akad mud}a>rabah Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara jelas dan pasti penggunaan akad kerjasama yang digunakan dan resiko penanggungan dilakukan oleh Kelompok Masyarakat Krangan Makmur di Kelurahan Patihan Wetan Kecamatan Babadan.
Kesimpulan akhir skripsi ini adalah: (1) Kerjasama pemeliharaan kambing antara Pemodal dan Pemelihara kambing sudah sesuai dengan fiqih muamalah arena rukun dan syarat mud}a>rabah sudah terpenuhi. Meskipun pada syarat modal yang harus berupa uang diterjemahkan berbeda menjadi modal yang diketahui taksiran harganya serta pemelihara ikut andil di dalamnya. (2) Penanggungan resiko yang pada pemeliharaan kambing belum sesuai dengan teori hukum yang ada. Penanggungan resiko yang dijalannkan ditanggung oleh kedua belah pihak dan tertuang dalam surat perjanjian yang sudah disepakati. tetapi terdapat perbedaan dalam pelaksanaan dari surat kesepakatan kerjasama tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:18
Last Modified: 09 Jun 2022 07:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item View Item