Pesan Moral dalam Film Anak Lanang Produksi Ravacana Films

Ramadhan, Alvin Taufiq (2022) Pesan Moral dalam Film Anak Lanang Produksi Ravacana Films. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD ETESIS Skirpsi fix.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Taufiq, Alvin Ramadhan.2022. Pesan Moral Dalam Film Anak Lanang Produksi Ravacana Films. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.
Kata Kunci : Pesan Moral, Film, Semiotika.
Film adalah bagian dari media komunikasi massa yang seringkali digunakan sebagai media yang menggambarkan kehidupan sosial dalam masyarakat. Film sebagai salah satu atribut media massa menjadi sarana komunikasi yang paling efektif. Film sebagai salah satu kreasi budaya, banyak yang memberikan gambaran-gambaran hidup dan pelajaran penting bagi penontonnya. Keberadaan film ini cukup penting, sebab film kini juga telah menjadi sebuah media yang digunakan untuk menyebarkan pesan moral sebagai upaya guna meningkatkan moralitas masyarakat. Salah satunya adalah Film Anak Lanang yang merupakan film pendek produksi Ravacana Film. Film ini mengangkat tema sosial yang dimana banyak mengandung pesan – pesan moral yang erat dengan kehidupan sehari – hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Representament, Object, Interpretant, dalam film Anak Lanang serta untuk menganalisa pesan moral yang terkandung dalam film Anak lanang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan Semiotika Charles Sanders Peirce dan diuji keabsahannya menggunakan teknik ketekunan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian, representamen dalam film Anak Lanang menggambarkan interaksi yang melibatkan empat orang anak ketika pulang sekolah. Obyek dalam film ini berupa dialog yang mencerminkan perbedaan sifat dan karakteristik masing-masing anak. Interpretant dalam film ini menyiratkan perilaku mencela orang lain, pentingnya menjaga lingkungan, pentingnya mengapresiasi usaha anak, perilaku kasih sayang orang tua, perilaku meniru anak, serta perilaku pembagian kasih sayang yang adil. Sedangkan pesan Moral yang terkandung dalam film ini meliputi pesan moral hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkungan sosial termasuk dengan alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:49
Last Modified: 09 Jun 2022 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item View Item