PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH DI DUSUN GUNUNG SARI, DESA MLARAK, KECAMATAN MLARAK, KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Azmi, Mohammad Khoirur Rizal (2022) PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH DI DUSUN GUNUNG SARI, DESA MLARAK, KECAMATAN MLARAK, KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180175 - Moh. Azmi K.R - Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rizal, Mohammad Azmi Khoirur, 2022. Pelaksanaan Zakat Fitrah Di Dusun Gunung Sari, Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo Perspektif Hukum Islam. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala, M.H.I.
Kata Kunci: Zakat Fitrah, Amil, Hukum Islam
Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkannya terkait dengan puasa pada bulan Ramadhan, untuk mensucikan orang yang berpuasa dari ucapan kotor serta perbuatan yang tidak ada gunanya, dengan memberikan makanan kepada orang yang berhak menerimanya. Dalam pelaksanaanya pasti terdapat pengelolaan sampai pada pendistribusian yang dilakukan oleh amil zakat pada satu titik tempat tertentu seperti masjid atau mushola. Namun di Dusun Gunung Sari, Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo ini pengelolaannya diduga masih belum optimal sesuai hukum Islamnya, serta amil zakat yang diduga belum bersertifikasi dan tidak mempunyai legalitas dalam mengurusi zakat.
Dari permasalahan tersebut, dapat ditarik rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana pengelolaan zakat fitrah di Dusun Gunung Sari, Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo Perspektif Hukum Islam? Bagaimana status amil zakat fitrah di Dusun Gunung Sari, Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo Perspektif Hukum Islam?
Dalam menemukan data penelitian, peneliti menggunakan penelitian empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada narasumber terkait. Serta dalam penelitian ini menggunakan metode analisis induktif, dimana menekankan pada pengamatan terlebih dahulu dan menarik kesimpulan dari pengamatan tersebut.
Berdasarkan penelitian dan analisa data, maka dapat disimpulkan sesuai dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pengelolaan zakat fitrah di Dusun Gunung Sari, Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo bisa dikatakan sah, namun masih belum optimal dalam pelaksanannya, sehingga kurang tertata dan terorganisasi. Mengenai status amil zakat fitrah di Dusun Gunung Sari, Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak, kabupaten Ponorogo secara keseluruhan tidak sah, karena belum mempunyai legalitas hukum dan belum bersertifikasi dari badan hukum atau pemimpin yang berwenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:55
Last Modified: 09 Jun 2022 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18678

Actions (login required)

View Item View Item