TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BOTOL PLASTIK POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (PET) BEKAS PADA CV SUMBER BAROKAH CABANG SUKOMORO MAGETAN

Muhtar, Nur Alifa (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BOTOL PLASTIK POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (PET) BEKAS PADA CV SUMBER BAROKAH CABANG SUKOMORO MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NUR ALIFA MUHTAR-102180022-NASKAH SKRIPSI (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muhtar, Nur Alifa. 2022. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Botol Plastik Polyethylene.Terephthalate (PET) Bekas Pada CV Sumber Barokah Cabang Sukomoro Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd
Kata Kunci: akad, jual beli, penetapan harga.
Dalam melakukan kegiatan bermuamalah, Allah Swt. telah memerintahkan umatnya untuk melakukannya secara adil dan atas dasar suka sama suka antara kedua belah pihak. Tekait akad dan penetapan harga dalam jual beli masih banyak terjadi manipulasi sehingga menyebabkan unsur gharar yang dapat merugikan salah satu pihak. Di CV Sumber Barokah Cabang Sukomoro Magetan, terdapat jual beli botol plastik PET bekas. Jual beli ini dilakukan antara pemasok sebagai pembeli dan pengepul sebagai penjual. Akad dalam jual beli ini belum memperhatikan kualitas atau grade dari botol PET tersebut. Adapun penetapan harga botol PET bekas dilakukan secara sepihak oleh CV Sumber Barokah tanpa adanya unsur tawar menawar, dan hanya berdasarkan kondisi botol kotor dan botol bersih saja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli botol plastik Polyethylene.Terephthalate (PET) bekas pada CV Sumber Barokah Cabang Sukomoro Magetan? (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga dalam jual beli botol plastik Polyethylene.Terephthalate (PET) bekas pada CV Sumber Barokah Cabang Sukomoro Magetan?
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode induktif dengan pendekatan hukum Islam.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) akad dalam jual beli botol PET bekas sudah sesuai dengan hukum Islam karena telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Adanya pencampuran botol kotor ke dalam karung botol bersih terjadi karena adanya unsur ketidaksengajaan yang dilakukan oleh pengepul dan tidak terdapat unsur gharar, sehingga jual beli tersebut temasuk dalam akad s{ah{i>h{. (2) penetapan harga dalam jual beli botol plastik PET bekas pada CV Sumber Barokah Cabang Sukomoro Magetan sudah sesuai dengan hukum Islam, di mana di dalam h{adi>th diperbolehkan dan telah disepakati oleh kedua belah pihak, meskipun tidak terjadi unsur tawar menawar. Hal ini sudah menjadi kebiasaan dan atas dasar kepercayaan. Penetapan harga botol PET dirasa sudah adil meskipun hanya berdasarkan keadaan kotor maupun bersih saja bukan berdasarkan grade botol, karena pemasok tentunya telah mempertimbangkan modal dan biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:04
Last Modified: 09 Jun 2022 06:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18677

Actions (login required)

View Item View Item