KONDISI SOSIAL REMAJA YANG MENGKONSUMSI MINUMAN KERAS (MIRAS) (Studi kasus remaja Dukuh Durenan Desa Durenan Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan)

Muttaqin, Muhammad Isnaini (2022) KONDISI SOSIAL REMAJA YANG MENGKONSUMSI MINUMAN KERAS (MIRAS) (Studi kasus remaja Dukuh Durenan Desa Durenan Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Sjripsi Watermark.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muttaqin, Muhammad Isnaini. 2022 “Kondisi Sosial Remaja Yang Mengkonsumsi Minuman Keras (Studi Kasus di Dukuh Durenan Desa Durenan Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan ” Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag.

Kata Kunci. Sosial, Remaja, Pengkonsumsi, Minuman Keras

Penelitian ini membahas tentang kondisi sosial, pandangan dan faktor remaja dalam mengkonsumsi minuman keras di Dukuh Durenan Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan. Secara khusus akan membahas mengenai sejauh mana kondisi sosial remaja yang mengkonsumsi minuman keras, panddangan remaja terhadap minuman keras dan faktor apa yang mendorong mereka mengkonsumsi minuman Dalam hubungannya dengan teori, penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini berusaha untuk memahami makna dari berbagai peristiwa dan interaksi manusia di dalam situasi yang khusus, yang mana situsi yang khusus disini adalah tindakan remaja dalam mengkonsumsi minuman keras. Dari situasi itu fenomenologi memandang perilaku manusia, apa yang dikatakan dan dilakukan adalah sebagai suatu produk dari bagaimana melakukan tafsir terhadap dunia mereka sendiri. Dimana terdapat delapan responden terdiri dari empat remaja dan empat tokoh masyarakat Dukuh Durenan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur dan observasi. Teknik analisa data secara kualitatif serta uji validitas secara tiangulasi dengan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial remaja yang mengkonsumsi minuman keras dalam bermasyarakat tidak ada masalah dimana mereka sangat pintar menyembunyikan identitasnya sebagai seorang peminum, remaja tetap aktif ikut dalam kegiatan bermasyarakat seperti kerja bakti dan gotong royong, mereka tidak merasa dikucilkan dalam lingkungan masyarakat walaupun masyarakat sendiri sangat menyayangkan remaja yang mengkonsumsi minuman keras. Untuk hasil dari pandangan remaja terhadap minuman keras sudah beragam. Mereka tahu apa yang mereka lakukan merupakan kegiatan yang salah dan haram hukumnya dalam agama Islam. Selain itu remaja beranggapan bahwa minuman keras adalah minuman yang sebenarnya membahayakan namun disisi lain menjanjikan berbagai kenikmatan kepada pengonsumsi miras karena dengan mengkonsumsi minuman keras mereka bisa melupakan berbagai masalah ataupun beban yang sedang dihadapi. Sebagian dari mereka juga menganggap bahwa minuman keras adalah simbol gaya hidup jaman modern. Mengenai faktor remaja dalam mengkonsumsi minuman keras disebabkan karena adanya rasa ingin tahu, coba- coba, ajakan teman, frustasi dengan masalah keluarga atau teman dekat dan untuk menambah rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:00
Last Modified: 09 Jun 2022 06:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18671

Actions (login required)

View Item View Item