Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kelapa Sawit di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi

As syuro, Mahmud (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kelapa Sawit di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAHMUD AS SYURO UPLOAD E-THESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
As Syuro, Mahmud. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kelapa Sawit di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag.

Kata kunci: Hukum Islam, Jual Beli

Berbagai macam konsep jual beli yang berlaku di masyarakat kini sudah dikemas ke dalam berbagai bentuk. Diantaranya jual beli yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi. Pada (hakikatnya jual beli itu boleh dan sah apabila syarat dan rukunnya sesuai dengan hukum Islam yang ditentukan). Penelitian ini berangkat dari kegelisahan penulis mengenai akad jual beli dan penetapan harga kelapa sawit. Pelaksanaan akad jual beli kelapa sawit ini dilakukan atas kesepakatan petani terdahulu. Apabila diterapkan pada generasi petani sekarang justru mengalami kerugian dan harga lebih murah dibandingkan harga yang ditetapkan pengepul lain.
Berdasarkan kegelisahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli Kelapa Sawit di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat jambi? (2) Bagaimana Tinjauan hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Dalam Praktik Jual Beli Kelapa Sawit di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat jambi?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi dan wawancara.Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, praktik akad jual beli kelapa sawit di Desa Sri Agung itu belum memenuhi ketentuan hukum Islam, karena di duga adanya unsur keterpaksaan yang dialami petani yang disebabkan kesepakatan kelompok tani terdahulu yang justru merugikan petani saat ini. Kedua, Penetapan harga jual beli kelapa sawit di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi itu tidak sesuai dengan hukum Islam, dikarenakan petani tidak diberi kejelasan harga perkilo kelapa sawit sebelum pengepul menjual kembali ke pabrik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:59
Last Modified: 09 Jun 2022 05:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item