Tinjauan Sosiologi Hukum Islama Terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pernikahan Usia Dini (Studi Kasus Di Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo)

Laily, Rovy Hardian Noor (2022) Tinjauan Sosiologi Hukum Islama Terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pernikahan Usia Dini (Studi Kasus Di Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180100-Rovy Hardian Noor Laily-HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Laily, Rovy Hardian Noor, 2022. Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pernikahan Usia Dini (Studi Kasus Di Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas M.Pd
Kata Kunci: Sosiologi Hukum Islam, Pernikahan Usia Dini
Pernikahan usia dini adalah akad atau perikatan antara laki-laki dan perempuan yang belum memiliki kesiapan baik secara materi maupun fisik dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah sebagaimana dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 3 bahwa tujuan pernikahan adalah membentuk keluarga sakinah, mawwadah, dan warrahmah. Pernikahan usia dini berdampak pada terbentuknya keluarga yang tidak harmonis. Hal ini karena secara psikologis dan sosial ekonomi pasangan pernikahan usia dini belum matang, mereka masih labil dan umumnya belum memiliki pekerjaan yang tetap. Selain masih labil pasangan pernikahan usia dini juga belum memiliki banyak pengetahuan tentang cara mengasuh anak, sehingga tidak dapat menerapkan pola pengasuhan yang tepat. Berdasarkan uraian diatas peneliti merumuskan Merumuskan permasalahan sebagai berikut (1) bagaimana faktor terjadinya pernikahan usia dini di kecamatan pudak ?(2)bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap upaya pembentukan keluarga sakinah pernikahan usia dini di Kecamatan pudak Kabupaten? Dengan pendekatan Descriptive kualitatif skripsi akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan baik dengan wawancara dokumentasi sebagai metode pengumpulan data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu proses analisis data juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pernikahan usia dini di kecamatan pede Kabupaten Ponorogo dilatarbelakangi oleh faktor ke kemauan mereka sendiri hal tersebut tidak terlepas dari faktor rendahnya minat pendidikan Faktor ekonomi dan faktor masyarakat (2) upaya pelaku pernikahan usia dini untuk mewujudkan keluarga sakinah dengan cara melaksanakan kewajiban dan hak secara seimbang komunikasi efektif komitmen memahami istri saling pengertian dan pemahaman agama munculnya kesadaran hukum bahwa pelaku telah melanggar perundang undangan Dengan dispensasi nikah diharapkan keluarga yang akan dibangun bisa seperti keluarga lainnya yang hidup pantas dan teratur agar bisa mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah penyelesaian aparat pemerintah atau keluarga memberikan pengetahuan bagaimana membentuk keluarga sakinah mawadah warahmah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Mukhlas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:40
Last Modified: 09 Jun 2022 05:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18663

Actions (login required)

View Item View Item