Komunikasi Humas dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTs Darul Muttaqin Patihan Wetan Ponorogo)

Kurniawan, Dani (2022) Komunikasi Humas dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTs Darul Muttaqin Patihan Wetan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN STUDI KASUS DI MTs DARUL MUTTAQIN PATIHAN WETAN PONOROGO.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurniawan,Dani . 2022. Komunikasi Humas dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Muttaqin. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Humas, Komunikasi, Citra.
Usaha meningkatkan citra lembaga pendidikan, menggunakan komunikasi humas sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat. Humas merupakan penyambung antara masyarakat dan madrasah. Komunikasi merupakan hubungan timbal balik antara komunikator dengan komunikan, sedangkan citra merupakan persepsi masyarakat kepada madrasah. Komunikasi humas berperan penting untuk menyelesaikan permasalahan di beberapa madrasah seperti MI, MTs, MA yang memiliki kendala dalam mempertahankan kelangsungan lembaga terhadap persaingan antara lembaga pendidikan. Kondisi tersebut membuat madrasah harus mengembangkan kualitas pendidikan dan meningkatkan hubungan dengan masyarakat. Hal tersebut membuat MTs Darul Muttaqin harus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas komunikasi atau hubungan dengan masyarakat terkait profil dan program madrasah. Adanya komunikasi humas yang baik dapat digunakan untuk meningkatkan citra madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui: (1). Strategi komunikasi humas dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan. (2). Bentuk komunikasi humas dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan. (3). Keberhasilan komunikasi humas dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan reduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.
Kesimpulan penelitian ini yang dilakukan di MTs Darul Muttaqin sesuai dengan rumusan masalah antara lain, (a) menentukan komunikator berupa humas, kepala madrasah dan warga madrasah. (b) Mengidentifikasi kebutuhan masyarkat dengan pengamatan secara langsung dan menerima usulan berbagai pihak. c) Menyusun pesan dengan seefektif mungkin sesuai kebutuhan masyarakat. (d) Memilih media berupa pengajian, ceramah, istighosah, brosur dan Whatsapp. MTs Darul Muttaqin menggunakan bentuk komunikasi: (a) komunikasi intrapersonal menggunakan EDM. (b) Komunikasi kelompok menggunakan pengajian, istighosah dan lainnya. (c) Komunikasi organisasi dengan melakukan kerja sama bersama sekolah.(d) Komunikasi massa dengan media cetak dan media elektronik. Terdapat empat indikator untuk mengukur keberhasilan komunikasi humas MTs Darul Muttaqin: (a) Meningkatkannya partisipasi masyarakat. (b) Meningkatnya peserta didik. (c) Profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan. (d) Kerja sama dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:37
Last Modified: 09 Jun 2022 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18662

Actions (login required)

View Item View Item