TINJAUAN FIQH PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERSAINGAN USAHA TOKO KELONTONG (Studi Kasus di Jalan Barong Kelurahan Kertosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo)

Sulistianingsih, Diah (2022) TINJAUAN FIQH PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERSAINGAN USAHA TOKO KELONTONG (Studi Kasus di Jalan Barong Kelurahan Kertosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180043_DIAH SULISTIANINGSIH_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sulistianingsih, Diah, 2022. TINJAUAN FIQH PERSAINGAN USAHA DAN
ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERSAINGAN USAHA TOKO
KELONTONG (Studi Kasus di Jalan Barong Kelurahan Kertosari
Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum
Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing Ima Frafika Sari, M.Pd.

Kata kunci/keywords: Persaingan Usaha, Strategi Pemasaran, Penetapan Harga.
Dalam persaingan usaha yang sehat adalah persaingan usaha yang masih
dalam koridor yang wajar, tidak merugikan pihak lain, serta tidak melanggat
batasan-batasan yang telah ditetapkan dalam agama maupun negara. Seperti
halnya yang terdapat pada wilayah jalan Barong kelurahan Kertosari, dimana
dalam wilayah tersebut terdapat banyak pedagang toko kelontong yang tentu saja
hal ini memungkinkan terjadinya persaingan usaha. Persaingan usaha tersebut
diantaranya berupa persaingan dalam strategi pemasaran yang menerapkan
pemberian hadiah (THR), pinjaman hutang, dll. Selain itu, terdapat pula
persaingan dalam strategi penetapan harga. Dimana terdapat beberapa pedagang
yang menetapkan harga yang seragam, namun ada pula yang menetapkan harga di
bawah harga pasaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis fiqh
persaingan usaha dan etika bisnis Islam terhadap persaingan strategi pemasaran
pada toko kelontong di Jalan Barong Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan,
Kabupaten Ponorogo? dan Bagaimana analisis fiqh persaingan usaha dan etika
bisnis Islam terhadap strategi penetapan harga pada toko kelontong di Jalan
Barong Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini, menunjukkan bahwa, pertama dalam praktik penerapan
strategi pemasaran berupa pemberian hadiah/THR sesuai dengan etika bisnis
Islam dan telah memnuhi hukum persaingan usaha yang diperbolehkan karena
dalam berbisnis tidak terdapat adanya batasan untuk dapat mengembangkan
usahanya. praktik ini juga masih dilakukan dalam koridor yang wajar serta
komoditas yang digunakan untuk pemberian hadiah ini merupakan barang yang
jelas asal-usulnya dan tidak mengandung unsur penipuan (gharar). Kedua, Praktik
penetapan harga di bawah harga pasaran ini menimbulkan adanya kemudharatan
khususnya bagi para pesaingnya dikarenakan praktik ini menyebabkan dampak
rusaknya harga eceran di wilayah tersebut serta Sehingga praktik ini belum sesuai
dengan prinsip etika bisnis Islam kehendak bebas (free will) dan kebenaran
(kebijakan dan kejujuran). Praktik ini juga termasuk kedalam salah satu bentuk
praktik persaingan usaha yang dilarang dalam hukum persaingan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:35
Last Modified: 09 Jun 2022 05:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18659

Actions (login required)

View Item View Item