Peran Bimbingan Penyuluh Agama Islam Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di KUA Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan

Trisnawati, Lilik (2022) Peran Bimbingan Penyuluh Agama Islam Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di KUA Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Thesis - LILIK TRISNAWATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Trisnawati, Lilik, 2022. Peran Bimbingan Penyuluh Agama Islam Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di KUA Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Sesario Aulia, M.Kn.
Kata Kunci/keywod: Efektivitas, Bimbingan Pranikah. Penyuluh Agama Islam
Efektivitas merupakan sebuah unsur pokok untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan atau ditetapkan di dalam sebuah organisasi, kegiatan, maupun program. Disebut efektif apabila program yang direncanakan sudah tercapai sesuai dengan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Sebagai dasar penyelenggaraan bimbingan perkawinan maka diterbitkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No 379 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah. Berkenaan dengan hal tersebut KUA Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan menjalankan sebuah program bimbingan pra nikah untuk memberikan pemahaman dan pembinaan kepada calon pengantin mengenai pernikahan dan mengurangi angka perceraian. Hal ini perlu dilakukan karena masih banyaknya masalah-masalah yang terjadi dalam rumah tangga setelah adanya pernikahan seperti KDRT dan adanya faktor ekonomi yang kurang stabil.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana efektivitas program bimbingan pranikah dalam pembentukan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program bimbingan pranikah bagi pasangan suami istri (pasutri) dalam menciptakan keluarga sakinah, mawaddah, warahmah di KUA Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan?
Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program bimbingan pra nikah yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Tulakan sudah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, akan tetapi dampaknya bagi masyarakat yaitu masih ada beberapa keluarga yang belum sakinah dengan dibuktikan masih adanya perbedaan pendapat serta percekcokan antara suami istri dalam rumah tangga yang berujung pada sebuah perceraian. Adapun mengenai faktor pendukung pelaksanaan program bimbingan pra nikah ini adalah: tingginya antusias catin yang menunjang untuk kelancaran proses kegiatan bimbingan pra nikah, narasumber atau pembimbing yang kompeten, terbukanya wawasan bagaimana mengelola rumah tangga setelah pernikahan, adanya faktor pendukung dari keluarga, sarana dan prasarana KUA yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah: tidak hadirnya catin, adanya faktor geografis yang sulit untuk dijangkau, catin malu bertanya ketika berlangsungnya bimbingan pra nikah, dan SDM yang perlu didorong untuk terbentuknya wawasan tentang bagaimana membina, membangun, dan mengelola rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sesario Aulia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:34
Last Modified: 09 Jun 2022 05:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18658

Actions (login required)

View Item View Item