PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL (Studi Kasus di Kabupaten Ponorogo)

Khasanah, Uswatul (2022) PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL (Studi Kasus di Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
503200017_Uswatul Khasanah_HKI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Uswatul.Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor sosial. Salah satu lembaga terkecil dalam sistem sosial yang ikut terdampak adalah keluarga, yaitu terjadinya perkawinan di bawah umur. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Peradilan Agama (BADILAG), fenomena perkawinan anak melonjak hingga tiga kali lipat. Pada tahun 2019 tercatat ada 23.126 kasus, dan pada tahun 2020 meningkat tajam dengan angka 64.211 kasus. Peningkatan perkawinan di bawah umur ini juga terjadi di Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan data dari PA Kabupaten Ponorogo, pada tahun 2019 terdapat 97 kasus, dan pada tahun 2020 meningkat menjadi 235 kasus. Dari paparan fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perubahan sosial akibat pandemi Covid-19 pada peningkatan perkawinan di bawah umur di Kabupaten Ponorogo, menganalisis bentuk proses sosial akibat pandemi Covid-19 pada peningkatan perkawinan di bawah umur di Kabupaten Ponorogo, dan menganalisis peran agen perubahan sosial dalam terjadinya peningkatan perkawinan di bawah umur akibat pandemi Covid-19 di Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan metode kualitatif dan pendekatan sosiologi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, terjadi perubahan sosial akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada peningkatan perkawinan di bawah umur di Kabupaten Ponorogo yaitu meliputi tiga aspek yaitu struktur, fungsi keluarga, dan lingkungan. Pada aspek struktur yakni terbitnya kebijakan pembelajaran daring. Pada aspek fungsi keluarga terjadi perubahan pada fungsi psikologis, sosiologis, ekonomi, dan pendidikan. Pada aspek lingkungan yakni terjadinya pandemi Covid-19 serta kesadaran yang rendah akan hak dan kewajiban dalam memperoleh pendidikan. Kedua, bentuk proses sosial dari perubahan di atas adalah perkembangan sosial. Ketiga, terjadi perubahan peran masyarakat sebagai agen perubahan sosial akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada peningkatan perkawinan di bawah umur.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:32
Last Modified: 09 Jun 2022 05:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

View Item View Item