Efektivitas Mediasi Online Pada Pemeriksaan Perkara Cerai Gugat Di Pengadilan Agama Ponorogo

Massithoh, Erni siti (2022) Efektivitas Mediasi Online Pada Pemeriksaan Perkara Cerai Gugat Di Pengadilan Agama Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180045-Erni Siti Massithoh-HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Massithoh Siti,Erni,2022. Efektivitas mediasi online pada pemeriksaan perkara cerai gugat di Pengadilan Agama Ponorogo. Skripsi.jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.pembimbing Ima Frafika Sari,M.Pd.

Kata kunci/keywords:Efektivitas,Mediasi onlie,Pengadilan Agama Ponorogo

Dalam era globalisasi teknologi telah mengalami kemajuan dengan sangat pesat yang mengubah secara signifikan terhadap sistem hukum peradilan di Indonesia, sebagaimana dengan adanya perma nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi di pengadilan yang mewajibkan Setiap perkara perdata harus diselesaikan melalui mediasi maka dalam hal ini seseorang dapat melakukan mediasi melalui komunikasi auto visual jarak jauh dengan menggunakan smartphone.salah satunya upaya damai pada tahap mediasi yang disebut dengan mediasi online di mana hal ini juga telah diimplementasikan dalam berkala televisi Pengadilan Agama Ponorogo adanya pelayaran media secara online memiliki beberapa kendala yang mempengaruhi efektivitas keberhasilan dalam upaya damai khususnya perkarate juga di pengadilan agama Ponorogo.
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap implementasi mediasi online dalam perkara terregula di pengadilan agama Ponorogo? dan bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap faktor yang mempengaruhi implementasi mediasi online di pengadilan agama Ponorogo?
Adapun penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris dengan judul jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan mediasi online di pengadilan agama Ponorogo belum dapat berjalan dengan efektif mediasi yang seharusnya dilakukan minimal dua kali pertemuan,akan tetapi dalam proses mediasi di pengadilan agama Ponorogo dilaksanakan sekali saja. Dalam perkara cerai gugat di pengadilan agama Ponorogo terdapat faktor yang mempengaruhi implementasi mediasi di pengadilan agama Ponorogo yakni faktor penegak hukum yaitu kualifikasi mediator, fakta sarana dan fasilitas belum terpenuhi di pengadilan agama Ponorogo dikarenakan sinyal yang tidak mendukung faktor masyarakat dan faktor kebudayaan dalam mediasi online belum sepenuhnya sesuai dengan Firma nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi di pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:52
Last Modified: 09 Jun 2022 05:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18655

Actions (login required)

View Item View Item