Pengaruh Tata Tertib Madrasah dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs An-Najiyah Lengkong Tahun Pelajaran 2021/2022

Rahmawati, Syofya Kharis (2022) Pengaruh Tata Tertib Madrasah dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs An-Najiyah Lengkong Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SYOFYA KHARIS RAHMAWATI PAI 201180219.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ASBTRAK
Rahmawati, Syofya Kharis, 2022. Pengaruh Tata Terib Madrasah dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs An-Najiyah Lengong Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni. M.Pd.I.

Kata Kunci: Tata Tertib Madrasah, Kompetensi Kepribadian Guru, Kedisiplinan Siswa

Kedisiplinan siswa merupakan sebuah aspek yang menuntut siswa agar lebih taat dalam peraturan yang ada di lingkungan sekolah serta mampu menjalankan segala tanggung jawab dengan baik. Tetapi realita yang terjadi pada saat ini kedisiplinan siswa disekolah masih sangat memprihatinkan, banyak siswa yang tidak patuh ataupun meremehkan setiap peraturan yang ada. Sama halnya dengan kondisi yang ada di MTs An-Najiyah Lengkong saat ini, walaupun sudah ditetapkan peraturan, banyak siswa yang melanggarnya seperti datang terlambat, tidak memakai pakaian yang sesaui dengan yang telah dijadwalkan, kembali ke pondok dan datang lagi ke madrasah tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Oleh sebab itu dalam hal kedisiplinan diperlukannya tata tertib madrasah. Karena dengan tata tertib yang ada siswa dapat menaatinya. Selain tata tertib untuk mewujudkan kedisiplinan tentunya dibutuhkan peran guru yang dapat berperan aktif dalam membimbing ataupun membentuk kepribadian siswa untuk mewujudkan kedisiplinan siswa disekolah.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh tata tertib madrasah terhadap kedisiplinan siswa di MTs An-Najiyah Lengkong pada tahun pelajaran 2021/2022. 2). Untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa di MTs An-Najiyah Lengkong pada tahun pelajaran 2021/2022. 3). Untuk mengetahui pengaruh tata tertib madrasah dan kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa di MTs An-Najiyah Lengkong pada tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu sejumlah 91 sampel. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Tata tertib madrasah terhadap kedisiplinan siswa di MTs An-Najiyah Lengkong tahun pelajaran 2021/2022 dengan besaranya berpengaruh sebesar 7,9%. 2) Kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa di MTs An-Najiyah Lengkong tahun pelajaran 2021/2022 dengan besaranya berpengaruh sebesar 8,6%. 3) Tata tertib madrasah dan kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa di MTs An-Najiyah Lengkong tahun pelajaran 2021/2022 dengan besaranya berpengaruh sebesar 14,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:47
Last Modified: 09 Jun 2022 05:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18648

Actions (login required)

View Item View Item