Akshova, Idarotul Siti (2021) Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Citra Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI_ IDAROTUL SITI AKSHOVA,pdf_081324.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Akshova, Idarotul Siti. 2021. Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Citra
Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan). Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Muhammad Ghafar, M.Pd.I.
Kata Kunci : Manajemen Program, Double Track, Citra Pendidikan
SMA Double Track merupakan pelaksanaan KBM (kegiatan belajar mengajar) reguler
dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan ketrampilan secara berdampingan sesuai dengan
kearifan lokal. Konsepnya, keterampilan tambahan yang diberikan kepada siswa SMA/MA
diporsikan sebagai ekstra kurikuler (Ekskul) dengan ketentuan setiap siswa minimal 1 tahun
bergabung dengan ekstra kurikuler yang mereka inginkan. Berdasarkan uraian singkat diatas,
peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaiamana
perencanaan program Double Track dalam meningkatkan citra pendidikan di SMA Negeri 2
Ngadirojo, Pacitan? (2) Bagaimana pelaksanaan program Double Track dalam meningkatkan
citra pendidikan di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan? (3) Bagaimana evaluasi program Double
Track dalam meningkatkan citra pendidikan di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan?..
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yang
mana pada hakekatnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik
pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai, (1) Pada proses
perencanaan program double track yang dilaksanakan SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan dapat
dilihat dari dua tahap diantarnya, tahap pemilihan jurusan yang akan diambil dan tahap pemetaan
minat siswa. Dalam tahap pemilihan jurusan, pihak yang terkait memutuskan untuk mengambil 3
jurusan yaitu, Program Tata Boga dengan keahlian Pastry Bakery, Program Multimedia dengan
keahlian Video Editing, dan Program Teknik Kendaraan Ringan dengan keahlian Tune Up
Sepeda Motor. Sedangkan pada tahap pemetaan minat siswa sekolah mengutamakan siswa yang
nantinya tidak dapat melanjutkan ke jenjang perkuliahan. (2) Proses pelaksanaan yang di lakukan
SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan dalam meningkatkan citra pendidikan melalui program
unggulan double track, yaitu dengan memaksimalkan pelatihan disetiap jurusan program double
track dengan tujuan agar siswa mampu menguasai semua materi maupun praktik. Selain itu
pelaksanaan pada program ini yaitu dengan menjalin kerjasama dengan dunia industri. Dalam
pelaksanaan kerja sama dengan pihak luar maka hal ini dapat menambah nilai plus terhadap
kegiatan program double track di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan dalam meningkatkan citra
pendidikan. (3) Evaluasi merupakan proses akhir atau penilaian kualitas terhadap suatu kegiatan.
Proses evaluasi terhadap program double track di SMA Negeri 2 Ngadirojo, Pacitan ini berupa
ujian yang diadakan oleh pihak ITS, penilaian terhadap siswa itu sendiri secara individu, serta
penilaian terhadap minat dan antusias dari para siswa. Selain itu hasil dari adanya evaluasi ini
yaitu dengan adanya nilai plus dari masyarakat serta pihak industri yang bekerja sama dengan
pihak sekolah dalam mengembangkan program Double Track
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Ghafar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 05:45 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 05:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18647 |
Actions (login required)
View Item |