Sistem Endorsement Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Di RH Collection Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Jasmine, Isyachquilla Ekya (2022) Sistem Endorsement Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Di RH Collection Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716187_Isyachquilla Ekya Jasmine_Ekonomi Syariah..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Jasmine, Isyachquilla Ekya. 2022. Sistem Endorsement Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Di RH Collection Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Skripsi, Fakultas Eknomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Pembimbing Dr. Luhur Prasetyo, M.E.I.

Kata Kunci: Sistem Endorsement, Promosi, Etika Bisnis
Perkembangan bisnis yang semakin berkembang khususnya di bidang online shop membuat strategi pemasaran juga semakin gencar, banyak sekali hal-hal baru yang harus diperhatikan oleh pembisnis khususnya dalam hal promosi. Seiring berkembangnya teknologi dimana keberadaan media sosial mampu meningkatkan omset perusahaan melalui promosi. Endorsement saat ini menjadi trend promosi yang sangat kuat dimana pihak selebgram melakukan upload produk atas barang yang dimiliki online shop di laman sosial media yang dimiliki pihak selebgram. Seorang selebgram pasti memberikan review yang baik mengenai produk yang diiklankan namun dalam kenyataannya masih ada saja konsumen yang merasa ada perbedaan antara apa yang disampaikan selebgram dan barang yang didapatkan konsumen. Dalam islam dijelaskan bahwa berbisnis tidak boleh ada penipuan dan tidak boleh dilebih-lebihkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah startegi endorsement pada RH Collection sudah sesuai dengan etika bisnis islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan untuk sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran menggunakan sistem endorsement dilakukan pihak selebgram yang memiliki followers dengan jumlah puluhan atau ratusan ribu. Kurangnya selebgram memahami kondisi barang yang diberikan oleh pihak online shop karena fokus mereka hanya pada fungsi kerja yang ada sehingga apa yang disampaikan selebgram dalam mengiklankan produk yang pasti melakukan review positif atas produknya, namun konsumen yang tertarik untuk membeli produk atas rekomendasi dari selebgram masih ada yang merasa kurang puas atas produk yang dibeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:42
Last Modified: 09 Jun 2022 05:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18644

Actions (login required)

View Item View Item