MOTIVASI DAN KONTROL DIRI PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP(K-POPERS) (Studi Kasus Remaja di Desa Kepuhrubuh, Kec. Siman Ponorogo)

Safitri, Dea Puja (2022) MOTIVASI DAN KONTROL DIRI PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP(K-POPERS) (Studi Kasus Remaja di Desa Kepuhrubuh, Kec. Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DEA PUJA SKRIPSIAN watermark Fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci :Motivasi, Perilaku, Kontrol Diri

Penelitian ini membahas terkait adanya motivasi remaja menggemari K-Pop adalah untuk memperoleh rasa kepuasan diri.. Sedangkan untuk perilaku remaja menggemari K-Pop adalah perilaku yang mencerminkan perilaku hedonisme dan konsumtif. Adapun upaya untuk mengontrol diri remaja penggemar k-pop adalah dengan mengikuti kegiatan sosial keagamaan dan berpegang teguh kepada ajaran agama Islam.
Fenomena menyebarnya Korean Pop di kalangan remaja yang ada di Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo sangat mempengaruhi perilaku dari mereka. Selain itu, terdapat dampak positif dan negatif disaat menggemari k-pop (k-popers) tersebut.Penelitian ini mempunyai rumusan masalah tentang bagaimana motivasi remaja di Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo sehingga menggemari K-Pop, Bagaimana perilaku remaja di Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo yang menggemari K-Pop serta bagaimana upaya mengontrol diri terhadap perilaku remaja yang menggemari K-Pop di Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitianya menggunakan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi remaja penggemar k-pop, menjelaskan perilaku remaja yang menggemari k-pop dan menganalisis upaya yang dilakukan dalam mengontrol perilaku remaja yang menggemari k-pop di Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa motivasi penggemar k-pop yang ada di Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo adalah ingin meniru gaya hidup atau fashion style sang idol k-pop yang digemari. Perilaku remaja penggemar k-pop yang ada di Desa Kepurubuh Siman Ponorogo memiliki perilaku yang konsumtif dan hedonisme. Selain itu, perilaku yang terjadi bisa dikatakan ishrof karena berlebihan dalam melakukan suatu tindakan melebihi batas kewajaran atau kepatutan.Upaya untuk mengendalikan diri remaja penggemar k-pop yang ada di Desa Kepuhrubuh Siman Ponorogo dengan mengikuti kegiatan sosial di masyarakat seperti kegiatan keagamaan, agar mempunyai pondasi agama yang kuat dan tidak gampang digoyahkan oleh perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:00
Last Modified: 09 Jun 2022 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18639

Actions (login required)

View Item View Item