..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Studi Komparatif Perkembangan Metodologi Hisab Penentuan Awal Waktu Salat Dalam Kitab al-Khulasah Fi al-Awqat al-Shar'iyah Dan Kitab Anfa’ AL-Wasilah.

Awaludin, Wahyu (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Studi Komparatif Perkembangan Metodologi Hisab Penentuan Awal Waktu Salat Dalam Kitab al-Khulasah Fi al-Awqat al-Shar'iyah Dan Kitab Anfa’ AL-Wasilah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WAHYU AWALUDIN-101180238-HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang serba instan dan praktis, dimana manusia tidak ingin kesusahan melihat langit ketika hendak salat. Dalam keadaan demikian, metode hisab dapat dijadikan sebagai acuan utama dalam menentukan waktu salat yang masih perlu dievaluasi terus menerus dalam perkembangannya. Metode hisab dikembangkan oleh ulama dan ahli falak baik dengan cara menyebarluaskan metode tersebut maupun menuangkannya dalam sebuah karya tulis. Sanad dan sumber dari metode hisab juga sangat penting guna mengukur keabsahan dan kebenaran dari metode tersebut. Dengan hadirnya banyak metode hisab yang berbeda-beda hingga menjadikan sebuah ketertarikan untuk mengkaji metode-metode tersebut baik metode klasik maupun metode kontemporer.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana metode hisab penentuan awal salat kitab Al-Khulasah fi Al-Awqat al-Shar'iyah dan kitab Anfa’ al-Wasilah?, bagaimana Sanad dan sumber pengembangan metodologi hisab awal waktu salat dalam kitab metodologi dalam kitab Al-Khulasah fi Al-Awqat al-Shar'iyah dan kitab Anfa’ al-Wasilah? Bagaimana langkah-langkah pengembangan metode hisab awal waktu salat dalam kitab Al-Khulasah fi Al-Awqat al-Shar'iyah dan kitab Anfa’ al-Wasilah?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau kajian pustaka (Library research). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan penulis dalam menganalisis data-data yang sudah diperoleh penulis adalah menggunakan metode content analisis serta memadukan metode tersebut dengan metode analisis komperatif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metodologi yang digunakan oleh Muhammad Khumaidi ialah menggunakan tabel logaritma lima desimal dan alasan penggunaan alat tersebut dikarenakan belum adanya kalkulator scientific, perhitungan dalam kitab Al-Khulasah fi Al-Awqat al-Shar'iyah diawali dengan menghitung salat maghrib. Kitab Anfa’ al-Wasilah menggunakan metode hisab kontemporer, perhitungan dalam kitab ini dimulai dari salat zuhur. Sanad keilmuan dalam bidang falak yang didapat olek Muhammad Khumaidi dan Ahmad Ghazali adalah sama-sama bertemu atau pernah belajar kepada KH. Zubair Bungah Gresik dan KH. Noor Ahmad SS Jepara. Sumber pengembagan dari kitab Al-Khulasah fi Al-Awqat al-Shar'iyah diambil dari kitab Risalah al-Qamarain dan kitab Badi'ah al-Mitsal karya KH. Ma’shum dengan menghilangkan data tahqiqi. Sumber pengembangan kitab Anfa’ al-Wasilah diambil dari metode Jean Meeus. Langkah pengembangan metode yang dilakukan oleh kedua pengarang kitab tersebut ialah Pesantren Kilat, menjadi seorang pengajar ilmu falak di pondok pesantren yang mereka ajar, dan Penelitian dan Kajian para Akademisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:54
Last Modified: 09 Jun 2022 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18612

Actions (login required)

View Item View Item