..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Analisis Pesan Dakwah Film Cerita Hijrahku Karya Film Maker Muslim (Analisis Wacana Teun Van Dijk)

Shalikhatin, Izzah (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Analisis Pesan Dakwah Film Cerita Hijrahku Karya Film Maker Muslim (Analisis Wacana Teun Van Dijk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIAP UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Izzah Shalikhatin. 2022.Analisis Pesan Dakwah Film Cerita Hijrahku Karya Film Maker Muslim(Analisis Wacana Teun Van Dijk) Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata kunci: Dakwah, analisis wacana, film.
Perkembangan teknologi dalam era globalisasi pada saat ini menyebabkan proses dakwah turut berkembang. Dakwah yang biasanya dilakukan dari mulut-kemulut sekarang dapat dilakukan dari rumah saja melalui beberapa platform media sosial. Model dakwah yang sedang tren pada masa kini yakni melalui film pendek (short movie). Pada penelitian ini akan membahas tentang bagaimana model dakwah pada sebuah film Cerita Hijrahku di salah satu platform media sosial yakni youtube. Fillm Cerita Hijrahku merupakan salah satu contoh dari penerapan dakwah di zaman sekarang yaitu dakwah yang dilakukan melaui media massa. Analisa film ini memberikan banyak pesan dan ajaran dalam berhijrah secara kompleks dan mudah dicerna dengan baik oleh penonton.
Penelitian ini mencari apa saja pesan dakwah struktur makro, super struktur dan struktur mikro pada Film Cerita Hijrahku. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana Teun Van Dijk dan teori dakwah untuk menganalisa pesan-pesan dakwah yang ada pada film tersebut dengan membagi menjadi tiga bagian yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Peneliti juga menggunakan metodologi kualitatif untuk menjelaskan secara deskriptif pesan-pesan dakwah yang terkandung pada film Cerita Hijrahku. Penelitian ini melalui tiga tahapan utama yakni analisis data, verifikasi data, dan pengambilan kesmpulan.
Pada peneltian ini, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pesan dakwah pada film Cerita Hijrahku berupa Aqidah, Syariah, dan Akhlak. Pada struktur makro, pesan dakwah Aqidah berupa keyakinan terhadap Allah SWT. Pada superstruktur pesan dakwahnya dapat berupa syariah yakni proses dakwah yang dilakukan oleh pemeran film menggambarkan tata cara berhijrah. Sementara pada struktur mikro dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah yang dapat diambil berupa akhlak seorang muslim yang seharusnya diterapkan apabila mendapat hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:53
Last Modified: 09 Jun 2022 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18611

Actions (login required)

View Item View Item