Tinjauan Maslahah Mursalah terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Rumah Tangga Anak (Studi di Desa Bangunsari Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan)

Rosyadi, Irham Muhib (2022) Tinjauan Maslahah Mursalah terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Rumah Tangga Anak (Studi di Desa Bangunsari Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210116010 - IRHAM MUHIB ROSYADI - TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM RUMAH TANGGA ANAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga pada umumnya dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni: pertama, keluarga kecil (Nuclear Family), dan yang kedua adalah keluarga besar (extended family). Adapun anggota keluarga kecil terdiri dari ayah, ibu dan anak. Sementara anggota keluarga besar adalah seluruh anggota keluarga yang bertambah sebagai akibat dari hubungan perkawinan. Dalam perjalananya ketika anak tersebut telah dewasa dan membentuk sebuah keluarga atau rumah tangga baru melalui perkawinan. Dengan adanya perkawinan, maka akan lahir penerimaan status baru, dengan sederetan hak dan kewajiban yang baru serta pengakuan yang baru oleh orang lain.
Keberadaan keluarga orang tua terkadang bisa menjadi masalah maupun mendorong kelanggengan dalam rumah tangga anak. Adakalanya hal tersebut timbul dari keterlibatan orang tua dalam rumah tangga anak, seperti halnya yang terjadi di Desa Bangunsari ini.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dalam rumah tangga anak di Desa Bangunsari Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana implikasi keterlibatan orang tua dalam rumah tangga anak di Desa Bangunsari ditinjau dari ma}sla{hah mursalah?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Di dalam masyarakat Bangunsari terdapat 3 tipologi keterlibatan orang tua dalam perkawinan beserta implikasinya. Tiga tipologi tersebut yaitu berupa motivasi (al-ḍaruriyyah) yang berimplikasi pada bertambahnya semangat bagi pasangan yang baru menikah untuk membangun rumah tangga secara mandiri. Yang kedua yaitu berupa intervensi (al-ḥajiyyah) yang berdampak anak menjadi tidak mandiri karena hidupnya bergantung kepada orang tua. Dan yang terakhir orang tua memberi kebebasan (al-taḥsiniyyah) anak dalam mengatur rumah tangganya sendiri. Implikasinya yaitu melatih kedewasaan anak dengan keluarga barunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ABID ROHMANU
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:48
Last Modified: 09 Jun 2022 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18610

Actions (login required)

View Item View Item