..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pesan Dakwah dalam film 3 doa 3 Cinta Teun A Van Dijk

Mahdika Abdillah EMNUR, Ahid (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pesan Dakwah dalam film 3 doa 3 Cinta Teun A Van Dijk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PESAN DAKWAH DALAM FILM 3 DOA 3 CINTA TEUN A.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahdika, Ahid. 2022.Pesan Dakwah Dalam Film 3 Doa 3 CintaTeun A. Van Dijk. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M. Ag.

Kata kunci: film, analisisconten, pesandakwah.
Pentingnya Dakwah sudah menjad icerminan bagi umat muslim sedunia dimana pengertian dakwah dalam hal mempengaruhi dan mengajak orang lain untuk Kembali kejalan Allah dan menjalankan syariatnya. Seiring perkembangan zaman dakwah juga berkembang dalam hal metode penyampaiannya melalui media elektronik, dari semua metode dakwah menggunakan media elektronik, metode yang paling effektif adalah menggunakan film sebagai media dakwah. Karena pesan-pesan yang termuat dalam adegan film akan membekas kepada penonton. Untuk mengetahui pesan dan adegan pada film secara obyektif peneliti menggunakan analisis conten yang sudah terkonsepkan secara teori menggunakan Conten analysis yang di buat olehTeun A. Van Dijk.
Dalam penelitian ini masalah yang diteliti adalah (1) Bagaimana struktur Makro dalam Film 3 Doa 3 Cinta (2) Bagaimana Super Struktur dalam Film 3 Doa 3 Cinta (3) Bagaimana struktur Mikro dalam Film 3 Doa 3 Cinta (4) Bagaimana Struktur Dakwah dalam Film 3 Doa 3 Cinta.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode Analisis Wacana Teun A. Van Dijk.
Adapun hasil penelitian ini adalah analisis wacana yang digunakan oleh peneliti menggunakan struktur Makro yang berisi tema pada film 3 Doa 3 Cinta yang mengkisahkan perjalanan 3 sahabat yang tinggal di pesantren, analisis wacana selanjutnya yaitu Super Struktur yang berisikan gambaran bentuk umum suatu film, seperti Opening, isi, ending film. Struktur Mikro dalam film menganalisis tentang Semantik yang menjelaskan latar belakang, Sintaksis yang menjelaskan bentuk setiap dialog yang terjadi pada film, Stilistik menganalisis penggunaan kalimat asing yang terjadi pada dialog film, Retoris menganalisis dan mendiskripsikan adegan yang tidak menggunakan dialog. Pesan dakwah yang ada dalam film “3 Doa 3 Cinta” adalah Akhlak, Syari’ah, dan Aqidah. Akhlak misalnya ada adegan seorang anak (Syahid) sedang membaca Al-Qur’an untuk kesembuhan ayahnya. Syari’ah ada adegan pernikahan Huda dengan Farokah putri kyai Wahab. Sedangkan untuk Aqidah ada adegan beberapa santri sedang shalawat dengan diiringi tabuhan rebana.
Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, penelitian ini belum membahas proses pembuatan film secara detail.
Kiranya tema ini dapat dijadikan masalah untuk penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:40
Last Modified: 09 Jun 2022 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18599

Actions (login required)

View Item View Item