..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Ekspor Produk Halal Indonesia Periode 2016-2020

Erika, Sovia Zahrianti (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Ekspor Produk Halal Indonesia Periode 2016-2020. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis Upload Sovia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Potensi produk halal di pasar global saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Permintaan akan produk halal terus meningkat setiap tahunnya, yang diiringi dengan semakin besarnya penduduk muslim di seluruh dunia. Namun, pada faktanya Indonesia sebagai negara muslim terbesar, masih menjadi sorotan pemerintah karena rendahnya ekspor produk halal di kancah pasar halal dunia dan bahkan jauh tertinggal dari negara nonmuslim. Hal ini barangkali dipengaruhi oleh faktor inflasi dan nilai tukar yang mengalami fluktuasi di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh inflasi dan nilai tukar terhadap ekspor produk halal Indonesia periode 2016-2020 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode Auto-Regresive Distributed Lag Models (ARDL), yang dapat menganalisis keterkaitan antar variabel dalam jangka pendek dan jangka panjang. Sampel penelitian yang digunakan berupa data time series dengan interval waktu bulanan dari Januari 2016 sampai Desember 2020. Teknik analisis data menggunakan uji stasioneritas, uji kointegrasi, uji asumsi klasik, uji ARDL, dan uji stabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor produk halal dalam jangka pendek dan jangka panjang, nilai tukar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor produk halal dalam jangka pendek, tetapi tidak berpengaruh signifikan dalam jangka panjang. Sedangkan secara simultan, inflasi dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap ekspor produk halal dengan kontribusi sebesar 32.06%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:32
Last Modified: 09 Jun 2022 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18594

Actions (login required)

View Item View Item