Upaya meningkatkan ketenangan jiwa santri melalui mujahadah dzikrul ghofilin di pondok pesantren darul huda

Mahmudah, Emi Sururiyah (2022) Upaya meningkatkan ketenangan jiwa santri melalui mujahadah dzikrul ghofilin di pondok pesantren darul huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
emi sururiyah-bpi-dikonversi.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahmudah, Emi Sururiyah . 2022, Upaya Meningkatkan Ketenangan Jiwa Santri Melalui Mujahadah Dzikrul Ghofilin di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Skripsi, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.

Kata Kunci: Mujahadah, Ketenangan Jiwa, Dzikrul Ghofilin.

Ketenangan jiwa adalah sumber bagi kebahagiaan. Seseorang individu tidak akan mengalami perasaan yang bahagia ketika jiwanya tidak tenang atau gelisah. Hakikat perjalanan hidup yang kita jalani, semakin kita melangkah banyak masalah yang datang dan pergi. Ketika seseorang memiliki ketenangan jiwa yang baik dia akan selalu merasa bahagia karena ketenangan jiwa merupakan sumber kebahagiaan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengambilan datanya melalui wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitin ini yaitu 1. Untuk mengetahui tujuan diadakan kegiatan mujahadah Dzikrul Ghafilin di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. 2. Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan mujahadah Dzikrul Ghafilin di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. 3. Untuk mengetahui aspek ketenangan jiwa yang dirasakan oleh santri setelah mengikuti kegiatan mujahadah Dzikrul Ghafilin.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1. Tujuan dari diadakannya mujahadah Dzikrul Ghafilin antara lain, memberikan pengertian kepada para santri bahwa segala sesuatu adalah milik Allah dan berada dalam kekuasaan Allah dan untuk mengendalikan hawa nafsu. Jadi sebagai santri harus memiliki sifat demikian, dan di Pondok Pesantren Darul Huda santri secara tidak langsung di ajaridemikian melalui mujahadah dzikrul ghofilin. 2. Praktik pelaksanaan mujahadah Dzikrul Ghofilin terdapat tiga tahap, pertama tahap pemberangkatan, untuk tahap pemberangkatan ini meliputi persiapan armada, pengondisian santri dan juga persiapan tempat mujahadah. Yang kedua adalah tahap pelaksanakan, mujahadah biasanya dilaksanakan setiap malam Jumat Kliwon yang bertempat dimakam Kiai Ageng Besari Tegal Sari yang dipimpin langsung oleh Agus Abdul Adhim. Yang ketiga adalah perpulangan, ketika perpulangan santri diatur agar berjalan sesuai dengan rapi dan teratur ketika akan menuju temapt parkir kendaraan dan untuk tahap perpulangan dimulai dari santri putri dulu, baru putra. Sembari menunggu truk mengantar santri putri biasanya diadakan salat hajat. 3. Aspek ketenangan jiwa yang dirasakan olehpara santri setelah mengikuti kegiatan mujahadah Dzikrul Ghofilin ada tiga, yaitu sabar, siap ,menerima kenyataan apapun dari Allah. Optimis setiap santri harus memiliki sikap yakin terhadap segala usaha yang akan dia lakukan, karena semua sudah di atur sedemikian rupa oleh Allah dan merasa dekat dengan Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:34
Last Modified: 08 Jun 2022 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18587

Actions (login required)

View Item View Item